Tampil didepan umum tentu bukan hal yang mudah. Untuk memupuk rasa percaya diri tersebut, Anda harus sering belajar dan dibiasakan terlebih dahulu. Tidak mungkin ada orang yang tiba-tiba bisa langsung tampil di depan umum dengan baik. Perlu Anda ketahui, orang-orang yang memiliki public speaking yang baik, tentu karena sudah terbiasa.

Public Speaking Harus Dilatih Sejak Sekolah

Sebagian dari Anda yang membaca artikel ini mungkin masih belum terlalu percaya diri untuk berbicara di depan umum. Sayapun dulu begitu. Tetapi semakin sering saya berlatih, kemampuan saya bisa semakin bertambah dan saya sudah lumayan percaya diri untuk berbicara di depan umum.

Untuk melatih public speaking, sebagian besar dilatih di sekolah baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Untuk intrakurikuler sendiri, terkadang para guru sering meminta siswa untuk maju di depan kelas, entah untuk bercerita ataupun bermain drama. Sedangkan di ekstrakurikuler, seorang siswa biasanya akan diminta untuk melatih kemampuan non akademiknya. Contoh, jika mengikuti ekstrakurikuler menyanyi, tentu akan diminta untuk berlatih bernyanyi sendiri didepan umum.

Manfaat Memiliki Public Speaking Yang Baik

Kedua hal di atas sangat membantu untuk melatih rasa percaya diri tampil di depan umum. Selain itu, ada juga manfaat yang lain, diantaranya adalah:

  • Membuat Anda menjadi spesial dimata orang lain

Mengapa? Orang yang pandai berbicara di depan umum akan terlihat istimewa dimata orang lain. Sebagai contoh ketika sedang rapat, kemudian Anda bisa presentasi dengan baik ataupun bisa mengeluarkan pendapat, tentu orang lain akan melihat Anda sebagai orang yang spesial.

  • Meningkatkan kualitas diri

Hampir sama dengan poin pertama, orang-orang akan menilai Anda sebagai orang yang percaya diri dan spesial. Sehingga, kualitas atau penilaian orang lain terhadap diri Anda akan semakin meningkat.

  • Memudahkan Anda untuk bergaul

Orang yang memiliki public speaking yang baik, cenderung lebih mudah bergaul dengan orang baru. Mereka akan lebih mudah akrab dan mudah nyambung dengan pembicaraan. Sehingga mudah juga mendapatkan teman.

Related posts: