Virtual office memang sudah berkembang sejak tahun 1994 di Amerika Utara. Dengan menggunakan virtual office, seseorang tetap dapat melaksanakan kegiatan perusahaan secara profesional tanpa memiliki fisik lokasi usaha. Anda dapat mengetahui cara pembuatan PT secara virtual dari berbagai informasi pada beberapa situs.

Dasar Hukum Pembuatan Virtual Office

Virtual office pertama kali ada di Indonesia adalah di Kota Jakarta. Kemunculan virtual office di Jakarta dimulai dengan dikeluarkannya Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi. Perda ini biasa disebut dengan Perda Zonasi. Untuk saat ini Perda Zonasi baru diatur di DKI Jakarta.

Untuk Apa Dilakukan Zonasi?

Perda Zonasi tersebut di resmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 17 Februari 2014. Tujuan dari dibentuknya Perda tersebut adalah agar pemanfaatan ruang dapat dikendalikan sehingga pembangunan dapat dilakukan secara efektif, sehingga kualitas ruang dapat terjaga untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah pembuatan PT yang diatur lokasinya.

Pentingnya Zonasi Bagi Pengusaha

Dengan adanya Perda Zonasi tersebut maka para calon pengusaha tidak dapat sembarangan mendirikan perusahaan di kawasan tertentu. Untuk zona yang berwarna kuning (zona pemukiman) maka tidak boleh dibuat perusahaan. Calon pengusaha hanya boleh membuat perusahaan pada zona berwarna ungu atau campuran warna ungu.

Perda Zonasi tersebut memang kurang mendukung para pemula yang tidak dapat menyediakan tempat lokasi yang proper. Oleh sebab itu Pemda mengeluarkan Surat Edaran Kepala bagian BPTSP DKI Jakarta No. 6 Tahun 2016 mengenai penerbitan untuk surat keterangan guna domisili serta izin-izin yang lainnya untuk pengguna sistem virtual office. Dengan Adanya Surat Edaran tersebut maka virtual office dapat menjalankan sistem operasionalnya dengan baik. Berkat menjalankan usaha melalui virtual office maka Anda dapat bekerja dari mana pun dengan memanfaatkan smartphone ataupun laptop yang terkoneksi dengan internet. Saat ini banyak penyedia jasa business support yang dapat membantu Anda mendirikan PT virtual. Biasanya para penyedia jasa tersebut sudah melengkapi berbagai persyaratan pembuatan PT seperti Akta Notaris dan NPWP.

Related posts: