Selamat ya bunda atas kehamilannya! Nah sekarang kami akan membantu bunda agar bisa lancar dan sehat melewati kehamilan trimester pertama ini. Nanti disini kita akan memberikan beberapa cara yang harus bunda lakukan pada saat ini. Semoga saran dari kami bermanfaat ya bunda, yuk tanpa berbasa basi kita simak penjelasan di bawah ini.

Panduan saat Hamil Trimester Pertama

  • Hal yang pertama kali harus bunda lakukan saat mengetahui bahwa bunda ini mengandung adalah menemukan dokter atau bidan yang memang pas, cocok dan nyaman untuk bunda sendiri. Karena tidak semua dokter cara pelayanannya itu sama, jadi carilah yang memang menurut bunda nyaman untuk diajak berdiskusi masalah kehamilan bunda.
  • Kedua, saat mulai memasuki kehamilan trimester pertama, bunda harus sudah mulai mengonsumsi vitamin prenatal. Vitamin prenatal ini sendiri fungsinya untuk memberikan asupan asam folat yang cukup untuk kebutuhan janin Anda. Karena pada trimester pertama biasanya ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 600 mcg asam folat, dan selanjutnya cukup 400 mcg asam folat saja.
  • Atur pola makan Anda, jadi bagi ibu hamil yang sebelumnya mungkin memiliki pola makan yang tidak teratur, nah kali ini karena bunda sedang mengandung sang buah hati, bunda harus mulai menjaga pola makan bunda sendiri. Jangan lupa nutrisi yang seimbang dan tepat antara sayur, protein, dan buah. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi susu ibu hamil kesukaan bunda.
  • Cukup istirahat dan tetap berolahraga, disini bunda jangan biasakan untuk tidak banyak bergerak, kecuali mungkin kehamilan bunda termasuk kehamilan yang rawan. Tetapi jika bunda memiliki janin yang sehat, tidak ada salahnya untuk tetap olahraga ringan agar nantinya tubuh bunda juga menjadi kuat saat menjalani persalinan. Istirahat yang cukup dan jangan tidur terlalu larut, karena itu akan memberikan pengaruh yang buruk pada janin dan badan bunda juga jadi tidak fit.

Sekian adalah beberapa hal yang harus dan wajib bunda lakukan dalam kehamilan trimester pertama ini. Jagalah selalu janin dengan baik, agar nantinya janin juga bisa tumbuh dengan baik dan sehat tanpa ada kelainan apa pun.

Related posts: