Saat ini, penggunaan media cetak seperti brosur, spanduk, dan pamflet masih sering digunakan oleh masyarakat untuk menyebarkan sebuah informasi ataupun promosi suatu produk. Biasanya, untuk membuat media-media publikasi tersebut, kita akan membutuhkan jasa percetakan offset. Percetakan ini akan membuatkan kita brosur, spanduk, ataupun pamflet sesuai dengan pesanan kita.

Lalu bagaimanakah proses pengerjaan atau pembuatan media-media publikasi dalam bentuk cetak tersebut? Disini akan kita bahas sedikit mengenai proses pencetakan brosur, spanduk, dan pamflet dengan metode offset.

Cara Kerja Percetakan Offset Dalam Membuat Produk Cetak

Teknik offset telah lama digunakan dalam dunia percetakan. Hal ini disebabkan oleh teknik offset ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan metode lain. Salah satunya adalah efisiensi ongkos produksi, sebab mereka hannya perlu sekali mengeluarkan biaya produksi untuk mencetak ribuan item yang sama. Jadi, percetakan offset ini lebih cocok digunakan untuk mencetak publikasi dalam skala atau jumlah besar.

Dalam proses percetakan, teknik offset ini menggunakan pola atau desain untuk berbagai media cetak, yang diterapkan pada lapisan karet melalui plat-plat baja. Kemudian, pola yang tercetak pada lapisan karet itu yang akan ‘menjiplakkan’ pola pada kertas sehingga jadilah brosur atau pamflet.

Mesin percetakan terdiri dari berbagai komponen penting untuk memproduksi berbagai produk cetak. Selain itu, ukurannya juga besar sehingga mampu memproduksi publikasi cetak dengan ukuran yang besar pula seperti spanduk atau bahkan baliho.

Namun, dibalik kelebihan-kelebihannya itu, tentu saja ada kekurangan yang dimiliki oleh teknik atau metode offset ini. Yang pertama ialah percetakan dengan metode seperti ini akan meninggalkan atau menyisakan banyak sekali limbah sehingga kurang ramah lingkungan. Limbah-limbah sisa produksinya berupa potongan-potongan kertas sisa ketika memproduksi brosur atau pamflet.

Selain itu, percetakan offset ini juga kurang cocok digunakan untuk mencetak dalam jumlah kecil, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa metode offset ini lebih cocok untuk pencetakan dalam jumlah yang besar dengan item dan desain yang sama karena dapat lebih mengefisiensikan pengeluaran.

Related posts: