Jika Anda tertarik untuk belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare, maka Anda perlu menyiapkan biaya untuk bisa menjalani beberapa hari pendidikan di sana. Anda juga perlu mengetahui beberapa sistem pendidikan yang banyak berlaku di sana. Tujuannya adalah agar Anda tidak kaget dan siap menjalani proses belajar di sana.

Kampung Inggris mengalami banyak perkembangan semenjak awal berdirinya tempat kursus bahasa Inggris yang diawali oleh Klend Osein di sana. Setelah mengalami perkembangan yang cukup pesat, umumnya setiap tempat kursus di Kampung Inggris Pare kini memiliki konsep belajar yang hampir sama.

Konsep dan Sistem Pembelajaran

Konsep Pembelajaran yang ada di Kampung Inggris, yaitu:

  1. Pada setiap tanggal 10 dan 25 selama setahun proses pembelajaran dimulai di kampung tersebut.
  2. Biasanya tempat kursus memiliki durasi pembelajaran selama 2 minggu hingga sat bulan. Akan tetapi ada juga yang memiliki durasi lebih panjang untuk yang ingin belajar lebih intens.
  3. Hari belajar setiap harinya adalah hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu lebih untuk belajar TOEFL, IELTS, dan sebagainya, untuk menerapkan apa yang sudah dipelajari.
  4. Dalam sehari terdapat 1 hingga 3 pertemuan, dan durasi setiap pertemuannya adalah selama 1,5 jam.
  5. Biasanya sistem yang diterapkan adalah belajar di dalam kelas. Biasanya setiap kelasnya terdiri dari 20 hingga 30 siswa. Akan tetapi semua itu tergantung dari kebijakan lembaga kursus masing-masing.
  6. Biaya kursus yang beragam. Mulai dari harga puluhan ribu, hingga jutaan rupiah. Semua itu tergantung dari program, sistem pembelajaran dan juga jam belajarnya.

Tak hanya belajar Bahasa Inggris, ada juga lembaga yang membuka kursus bahasa asing lain contohnya Bahasa Arab, Bahasa Perancis, bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, dan lain-lain.

Kampung Inggris Pare memberikan inspirasi untuk beberapa daerah lain untuk membuat perkampungan bahasa Inggris juga. Misalnya seperti, Kampung Inggris di Jogja, Kampung Inggris yang ada Semarang, Kampung Inggris di Depok, Kampung Inggris di Sawangan, Kampung Inggris di Tangerang, Desa Bahasa Borobudur yang ada di Magelang, Kampung Inggris Bandung dan lain-lain. Perkampungan tersebut memiliki sistem yang sama. Anda bisa mencari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi Kampunginggrisme.com.

Related posts: