Ibadah umrah adalah salah satu jenis ibadah bagi umat Islam. Ibadah ini dilaksanakan di Kota Makkah, lebih tepatnya di Masjidil Haram. Adapun syarat untuk melaksanakan Ibadah Umrah adalah sudah dewasa atau baligh, berakal, merdeka, sehat, dan mampu. Apabila Anda memiliki rencana Umroh akhir tahun, maka persiapkan diri Anda dari sekarang.

Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh

Dari segi tempat pelaksanaan dan tata cara beribadah tidak jauh berbeda dengan Ibadah Haji. Ibadah Haji merupakan salah satu Rukun Islam, sangat dianjurkan bagi orang yang mampu untuk melaksanakan ibadah ini. Sedangkan ibadah Umroh adalah ibadah sunah yang bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, serta untuk dapat mengetahui sejarah Islam secara lebih dekat. Letak perbedaan selanjutnya adalah pada waktu pelaksanaannya, pelaksanaan Umroh dapat dilakukan sewaktu-waktu dan hanya dilaksanakan di Mekkah, sedangkan Ibadah Haji hanya dapat dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah sampai 12 Dzulhijjah dan dilaksanakan sampai keluar Mekkah.

Persiapan Kesehatan Untuk Ibadah Umroh

Jika Anda memiliki rencana Umroh akhir tahun ini, maka sebaiknya Anda mempersiapkan fisik dan mental Anda dari sekarang. Berikut beberapa persiapan kesehatan menjelang Umroh.

  1. Berusahalah untuk selalu positif thinking dalam menghadapi apa pun ketika akan dan saat pelaksanaan Umroh.
  2. Lakukanlah General Check Up untuk memastikan bahwa tubuh Anda betul-betul siap untuk beribadah Umroh. Apabila ada yang mengalami gangguan, Anda dapat mengobatinya secepat mungkin, agar bisa pulih sebelum berangkat Umroh.
  3. Lakukanlah vaksinasi terutama vaksin meningitis. Vaksin ini diwajibkan kepada para calon peserta umrah karena penyakit meningitis adalah salah satu penyakit berbahaya yang memiliki risiko tinggi menyerang saat ibadah Umroh.

Selain persiapan fisik tersebut, menjaga pola makan sehat juga sangat diperlukan. Hal ini akan menunjang tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit baik sebelum maupun saat ibadah berlangsung.

Jika Anda memiliki rencana untuk Umroh akhir tahun ini, maka Anda tidak perlu merasa cemas atau khawatir. Tetaplah berusaha menghindari stress agar ibadah Anda nantinya akan dapat berjalan dengan lancar.

Related posts: