Wajah merupakan bagian dari dalam tubuh yang harus selalu kita jaga. Alangkah baiknya jika kita merawat wajah kita agar kita selalu percaya diri dan orang lain yang melihat kita nyaman memandang. Jerawat ini sebenarnya bukan penyakit, tetapi gejala kulit kelenjar minyak yang berlebihan. Tetapi, jerawat ini sangat mengganggu penampilan wajah kita, sehingga penderita jerawat terus mencoba berbagai macam cara pengobatan sebisa mungkin. Sebenarnya faktor yang mendasari munculnya komedo dan jerawat adalah hormon. Hormon merupakan proses biologis yang biasanya diturunkan dari orang tua bahkan bisa dari kakek dan nenek kita. Umumnya jerawat dan komedo akan sering muncul pada usia 11-15 th. Jerawat seringkali susah diobati, jerawat akan muncul terus walaupun sudah terus diobati. Untuk gejala jerawat ini banyak obat yang bisa dikonsumsi, diantaranya adalah obat yang kita minum dan obat yang dioleskan pada titik jerawat.

Hal-Hal Penting Pengontrol Jerawat

Jerawat itu sendiri ada yang ringan dan ada yang cukup parah, jerawat ringan masih bisa diatasi dengan obat yang dioleskan langsung ke titik jerawat. Sedangkan untuk jerawat yang parah seperti jerawat batu harus diobati secara internal, yaitu dengan mengkonsumsi obat minum khusus jerawat. Kita sendiri sebenarnya bisa mencegah datangnya jerawat, karena mencegah timbulnya jerawat lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa hal yang dapat kita terapkan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah,  karena dari debu dan kotoran bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Cucilah muka khususnya bagian yang berjerawat pada pagi hari, siang hari setelah melakukan aktivitas, dan sebelum kita tidur malam. Dengan begitu kulit kita akan selalu bersih. Hal lain yang harus diingat yaitu jangan garuk bagian yang berjerawat, biasanya garukan pada jerawat akan menimbulkan luka dan bekas pada kulit wajah. Dan yang terakhir tidak kalah pentingnya jika jerawat anda tidak sembuh juga yaitu harus konsultasi dengan dokter kulit, karena bisa jadi penyebab jerawat anda tidak sama dengan orang lain. Jerawat merupakan penyakit umum yang diderita hampir semua orang, jadi tidak heran jika kita semua mengalaminya.

Related posts: