Penyakit yang disebabkan oleh hewan sangatlah banyak salah satunya adalah penyakit demam berdarah. Penyakit ini terjadi karena gigitan nyamuk, penyakit ini biasanya akan banyak diderita oleh orang jika pada musim hujan. Jika dalam musim hujan maka nyamuk Aedes Aegypti akan berkembang biak, dan pada saat itulah nyamuk ini akan membutuhkan banyak makanan. Dan jelas makanan nyamuk adalah darah, waktu nyamuk ini menyerap darah kita maka nyamuk ini juga akan menyuntikkan virus yang menyebabkan penyakit demam darah. Gejala penyakit ini adalah kita mengalami demam tinggi selama berhari-hari, jika siang hari demam kita akan turun dan tinggi lagi jika malam hari. Jika sudah terkena penyakit ini, maka Anda akan kekurangan darah dan imun tubuh kita akan turun. Jika dibiarkan saja maka akan membahayakan nyawa kita.

Langkah Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Banyak cara mencegah terkena penyakit demam berdarah, dengan mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti menjadi salah satu cara dalam mencegah penyakit ini menyerang. Dan berikut adalah langkah-langkah dalam mencegah penyakit demam berdarah.

  • Sering membersihkan bak mandi

Bak mandi menjadi salah satu tempat berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini akan mencari genangan air untuk bertelur. Jika sudah bertelur, larva akan menetas dan berkembang dengan memakan mikro organisme yang ada dalam bak mandi dan setelah itu larva akan menjadi pupa yang nantinya akan menjadi nyamuk dewasa. Dengan membersihkan bak mandi 3 hari sekali akan membunuh jentik-jentik nyamuk akan berkembang. Jadi seringlah menguras bak mandi Anda.

  • Buanglah genangan air pada perabotan rumah tangga

Anda harus rajin-rajin melihat apakah ada genangan air di sekitar rumah Anda atau tidak karena genangan air menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

  • Jangan menumpuk pakain kotor

Pakaian kotor memang menjadi tempat favorit nyamuk, jika sudah banyak pakaian yang menggantung maka nyamuk senang berkumpul di situ dan sangat berbahaya jika sudah banyak nyamuk di rumah kita.

Itulah langkah mencegah penyakit demam berdarah, semoga bermanfaat bagi Anda.

Related posts: