Les private merupakan salah satu metode belajar melalui lembaga pendidikan non formal. Biasanya les dengan metode ini digunakan untuk mempelajari hal baru yang belum kita kuasai karena metode seperti ini dirasa cocok bagi seorang pemula dalam bidang tertentu, sebab metode ini menggunakan satu guru atau mentor untuk satu orang peserta didik, sehingga si peserta didik bisa menerima pembelajaran mengenai suatu hal yang dipelajarinya dengan lebih intens dan terfokus. Les dengan metode private ini lebih cocok untuk para pelajar sekolah yang merasanya dirinya kurang memahami apa yang disampaikan oleh gurunya di sekolah. Atau juga bagi siswa yang merasa dirinya belum begitu menguasai materi pelajaran yang terasa penting bagi masa depannya.

Keunggulan Les Private

Les dengan metode private ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan les bimbel dengan metode biasa. Yang pertama adalah kondisi kelas yang lebih kondusif sehingga mampu meningkatkan efektivitas penyampaian materi pelajaran. Hal ini dikarenakan oleh kelas les private yang hanya diikuti oleh satu orang. Metode belajar one on one dalam les jenis private ini menggunakan satu orang guru atau mentor untuk mengajar satu orang peserta didik. Hal ini memicu suasana belajar yang nyaman sehingga peserta didik dapat menerima pembelajaran dengan lebih efektif.

Keunggulan berikutnya adalah, les dengan menggunakan metode privat, peserta didik akan dapat lebih leluasa dalam mempelajari suatu materi pelajaran. Ini juga memungkinkan untuk peserta didik agar dapat mendalami ilmu pengetahuan yang tidak begitu ia kuasai. Dengan metode private dalam bimbingan belajar, seorang siswa akan mampu menggali pengetahuan lebih intens, fleksibel, serta mendorong siswa untuk lebih kritis dengan mengandalkan pemikirannya sendiri. Dengan demikian, siswa akan mampu menangkap atau memahami lebih banyak materi pelajaran dengan lebih baik daripada di sekolah. Siswa juga dapat belajar untuk lebih mandiri melalui metode les private ini, karena siswa dituntut untuk memiliki kemampuan analisis yang mumpuni sehingga mampu memecahkan persoalan secara individual, tanpa mengandalkan bantuan orang lain.

Related posts: