Tidak sedikit ibu yang mengalami baby blues atau stress pasca melahirkan dalam masa merawat dan pertumbuhan bayi. Hal ini bisa saja dimaklum sebab dengan adanya bayi yang baru lahir maka semua kebiasaan Anda menjadi berubah drastis. Baik itu Anda akan kehilangan jam tidur dan jam istirahat yang biasanya selalu tepat waktu. Belum lagi pada saat bulan-bulan akhir kehamilan juga sulit untuk tidur karena merasakan ketidaknyamanan saat hamil besar. Karena itu janganlah ragu untuk meminta bantuan keluarga dan suami dan memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat. Ikutlah tidur ketika baby tidur sehingga Anda akan tetap fit dalam merawat dan melihat perkembangan bayi Anda.

Mengatasi Bayi Yang Belekan

Adakalanya dalam masa pertumbuhan bayi terdapat masalah yang harus dihadapi para orang tua sekalipun itu hal sepele seperti adanya belek pada bayi secara terus menerus. Tentunya hal ini akan mengganggu bayi Anda. Sebaiknya bersihkan belek dengan menggunakan kapas basah dan basuh dari arah dalam mata ke luar. Jangan menggunakan cara di jilat seperti pada mitos karena air liur mengandung bakteri. Jika perlu periksa ke dokter untuk mendapat kepastian. Sebab belekan terjadi karena saluran air mata bayi belum terbentuk dengan sempurna.

Mengatasi Ruam Pada Pantat Bayi

Ruam pada pantat merupakan hal yang biasa dan itu selalu terjadi jadi Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari pagi dalam keadaan tanpa menggunakan celana atau popok. Jangan menggunakan ramuan yang banyak di pasaran karena bisa saja terkontaminasi dengan kuman dan bakteri.

Mengatasi Bayi Yang Lapar

Cara satu-satunya pada bayi di bawah usia 6 bulan adalah memberinya ASI atau susu formula hingga bayi melepas dengan sendirinya. Dengan demikian bayi akan merasa tenang dan tidak menangis lagi

Usahakan untuk menghindari berbagai cara yang tradisional dan mitos untuk menghindari berbagai hal yang mengakibatkan cedera pada bayi bahkan bisa berujung kematian. Jangan memberikan MPASI atau makanan padat sebelum bayi berusia 6 bulan karena system pencernaannya belum sempurna dengan demikian pertumbuhan bayi akan sempurna sesuai dengan usianya.

Related posts: