Apakah Anda sudah pernah membuat website sendiri? Jika sudah, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah domain dan hosting bukan? Namun, bagi beberapa orang yang belum pernah membuat website sendiri, mungkin masih merasa asing dengan kedua istilah tersebut. Ya, salah satu cara membuat website sendiri adalah menentukan hosting dan domain. Memilih hosting dan domain merupakan langkah yang sangat penting dalam membuat website. Oleh sebab itu, kita harus memahami fungsi keduanya sebelum mulai melakukan pembuatan website sendiri. Lalu, apa pengertian hosting dan domain?

Definisi Hosting Dan Domain Dalam Website

Salah satu cara membuat website sendiri yang sangat penting adalah menentukan hosting dan domain. Sebelum membahas mengenai pengertian hosting dan domain, alangkah baiknya jika Anda mengenal pengertian website terlebih dahulu. Jadi, website merupakan sebuah tampilan grafis untuk merepresentasikan informasi penting yang ingin diberikan kepada orang lain. Biasanya, website ini banyak dikelola oleh toko online, perusahaan, sosial media, atau bahkan website portal. Selanjutnya, mari kita mengenal pengertian hosting dan domain.

  • Hosting

Hosting yaitu suatu tempat yang digunakan untuk menyimpan berbagai data digital. Baik data berupa gambar, text, maupun video. Nantinya, berbagai data tersebut akan ditampilkan ke dalam website.

  • Domain

Domain merupakan nama pengganti untuk IP address yang menuju kepada server tertentu. Biasanya, domain ini akan diawali dengan menggunakan nama website. Dengan domain, maka pengunjung atau pengguna internet akan lebih mudah untuk mengakses sebuah website tanpa harus menghafal IP Address.

Itulah pengertian hosting dan domain. Jadi, perbedaan antara hosting dan domain terletak dari fungsi keduanya dalam sebuah website. Jika domain merupakan sebuah alamat yang digunakan untuk menuju website, maka hosting adalah sebuah tempat atau ruangan yang digunakan untuk menyimpan atau menampung berbagai jenis file dari website tersebut.

Dengan demikian, maka dapat kita ketahui bahwa domain dan hosting merupakan dua hal yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan website. Keduanya sama-sama dibutuhkan untuk membuat website dan memiliki peran masing-masing yang tidak dapat digantikan. Demikian informasi mengenai hosting dan domain sebagai salah satu persyaratan di dalam cara membuat website sendiri.

Related posts: