Menjadi seorang wanita, kita memiliki banyak ketakutan karena penyakit berbahaya yang dapat mengancam nyawa semua wanita. Beberapa penyakit yang paling ditakuti oleh wanita adalah kanker payudara dan kanker serviks. Kedua penyakit mematikan tersebut sudah banyak diderita oleh wanita di seluruh belahan bumi. Kanker seperti serviks sendiri merupakan kanker yang paling banyak diderita oleh wanita di seluruh dunia, yaitu berada di urutan ke-4. Sudah ada banyak penderita yang tidak berhasil ditolong karena kanker jenis serviks. Apa itu kanker jenis serviks?

Mengenal Lebih Tentang Kanker Serviks

Kanker jenis serviks merupakan pertumbuhan sel abnormal yang berada di sekitar mulut rahim atau serviks. Pertumbuhan sel abnormal tersebut terus berkembang menjadi sel tumor, yang jika tidak segera ditangani akan berubah menjadi sel kanker yang sangat berbahaya. Pertumbuhan sel abnormal di mulut rahim memang dapat diatasi jika saja penanganan dilakukan sejak awal pertumbuhan sel abnormal tersebut.

Namun, sebagian kasus wanita penderita kanker serviks tidak melakukan pemeriksaan sejak dini sehingga pengobatan dimulai ketika pertumbuhan sel abnormal sudah memasuki stadium lanjut. Jika pengobatan dimulai ketika kanker sudah berada di stadium lanjut, akan lebih sulit untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker yang mulai menyebar.

Penderita Kanker Serviks

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kanker jenis serviks menempati urutan ke empat sebagai kanker yang paling banyak diderita oleh wanita di seluruh dunia. Kanker berbahaya ini lebih banyak diderita oleh wanita di Negara-negara berkembang daripada Negara maju. Di sisi lain, kanker jenis serviks menempati urutan ke dua sebagai kanker yang paling banyak diderita oleh wanita Indonesia setalah kanker payudara yang masih menempati urutan pertama.

Terdapat lebih dari 40.000 kasus kanker jenis serviks yang telah menyerang wanita Indonesia. Kanker jenis serviks sendiri dapat menyerang wanita dari berbagai umum. Bahkan kanker jenis serviks dapat diderita oleh remaja yang masih sangat muda akibat dari gaya hidup yang terlalu bebas. Sebagian besar penderita kanker jenis serviks tidak dapat tertolong karena kanker sudah memasuki stadium lanjut ketika pengobatan dimulai. Melihat bagaimana banyaknya kasus kanker jenis serviks yang telah terjadi pada wanita Indonesia, kita harus berhati-hati dengan menjaga pola hidup dan kesehatan kita agar terhindar dari kanker serviks.

Related posts: