Pernahkah Anda datang ke sebuah supermarket atau mall? Pasti Anda pernah pergi kesana bersama dengan keluarga atau teman-teman Anda. Sebelum membahas lebih jauh, penting sekali untuk Anda mengetahui cara mencari persentase nilai ketika akan masuk ke sebuah mall. Karena di dalam mall tersebut banyak sekali tulisan dan gantungan yang tertera tulisan nilai persen, dan hal tersebut dinamakan dengan diskon.

Apalagi sekarang, orang-orang sedang ramai berbelanja ke mall atau supermarket yang besar-besar untuk mencari barang-barang yang mereka inginkan. Terlebih lagi sekarang mulai mendekati hari raya maka pasti orang-orang akan sangat ramai di mall. Begitu juga dengan Anda, Anda bisa berbelanja di mall sepuasnya namun yang paling penting Anda minimal mengetahui berapa nilai diskon yang diberikan pada sebuah barang yang dijajakan untuk dibeli para pelanggan.

Nah, salah satu trik yang paling luar biasa diterapkan dalam sebuah pusat perbelanjaan, ketika kita ingin berhemat uang namun tetap bisa membeli barang yang bagus dan barang yang diinginkan adalah dengan mencari barang yang memberikan diskon. Cara mencari persentase diskon ini mudah, misal:

  1. Anda melihat ada diskon 20%.
  2. maka Anda rasiokan 20 dengan 100.
  3. kemudian dikalikan dengan harga sebenarnya pada sebuah barang.
  4. Setelah itu akan Anda temukan sebuah nilai hasil diskonnya.
  5. lalu selisih nilai barang sebenarnya dengan nilai hasil perhitungan tadi.

Menghitung Persentase Diskon

Setelah Anda mengetahui berapa nilai diskon yang diberikan oleh pihak penjual di supermarket atau mall, maka Anda bisa menyimpulkan sebenarnya berapa nilai barang yang Anda inginkan tersebut. Sudah diketahui berapa nilai harganya, jelas Anda bisa membandingkan barang yang satu dengan barang yang lainnya.

Jika Anda mengetahui cara mencari persentase, jelas Anda bisa membandingkan satu harga barang dengan barang yang lainnya. Anda pun bisa mempertimbangkan pilihan Anda, apakah barang yang Anda inginkan tersebut harganya sesuai dengan keuangan Anda atau tidak dan apakah Anda jadi membeli barang tersebut atau tidak setelah mengetahui nilai diskonnya.

Related posts: