Saat ini ada banyak sekali bisnis online yang dilakoni oleh para pelaku usaha di sekitar Kita. Bahkan menurut pantauan Hijaz sendiri, jumlah pebisnis online dengan offline ternyata lebih banyak. Hal ini jelas karena untuk menjalankan usaha secara online tak membutuhkan modal besar serta bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa pun.

Bahkan oleh pemula sekalipun bisa melakukan bisnis online dengan mudah tanpa kesulitan untuk memulainya. Namun bagaimana hukum menjalankan bisnis online menurut Islam? Kali ini Kita akan membahasnya secara tuntas hanya untuk Anda. Karena banyak yang masih ragu dengan hukum usaha yang sedang trend saat ini.

Ketahui Hukum Menjalankan Bisnis Online Menurut Agama Islam

Tentunya sobat Hijaz sudah tahu bahwa dalam Islam untuk melakukan jual beli di atur dengan tata cara Islam tersendiri. Tujuannya adalah agar supaya baik penjual atau pembeli sama-sama mendapatkan keuntungan dari praktek jual beli yang dilakukannya. Dan berikut ini hukum menjalankan bisnis online menurut Islam.

Dalam agama Islam untuk hukum melakukan jual beli memang sudah diatur dengan hukum secara khusus. Namun setelah adanya perkembangan zaman, kini Kita mengenal adanya bisnis online yang mana antara penjual tak perlu saling bertatap muka secara langsung untuk melakukan transaksi.

Jika hal itu dilakukan dalam jual beli offline maka menjadi tidak sah. Namun jika hal tersebut terjadi pada jual beli online menjadi sah karena beberapa hal didalamnya. Seperti jarak antara pembeli dan penjual yang cukup jauh sehingga tak memungkinkan mereka untuk saling bertemu dan bertatap muka. Namun perlu diperhatikan adanya syarat lainnya yang harus dipenuhi jual beli online.

Yaitu bahwa untuk ketentuan harga dan deskripsi barang harus dijelaskan dengan sebaik-baiknya agar pembeli bisa mengetahui spesifikasi dan kondisi barang yang akan dibelinya dengan sebaik-baiknya. Karena salah satu alasan mengapa bisnis online menjadi rawan madharat adalah karena ketidak jelasan produk serta komunikasi yang buruk antara pembeli dengan penjual.

Maka jika Anda menjadi salah seorang penjual atau pelaku bisnis online sebaiknya terapkan kejujuran dalam melakukan jual beli agar supaya transaksi yang dilakukan berkah dan memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda. Demikian ulasan singkat tentang hukum bisnis online khusus untuk sobat Hijaz.

Related posts: