Garam dapur selama ini hanya digunakan untuk memasak, tahukah anda?sebenarnya garam memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan iodium yang tinggi pada garam dapat digunakan untuk media penyembuhan penyakit. Anda tentu pernah mendengar penyakit rematik bukan? Penyakit ini sering menyerang orang yang sudah lanjut usia. Gejala umum rematik yaitu rasa nyeri pada persendian disertai dengan kesemutan di hampir semua bagian tubuh. Rematik tidak hanya menyerang orang dewasa saja, kini anak-anak pun mulai terkena gejala rematik. Kesemutan dalam waktu yang lama dan berkepanjangan tentu saja bukan gejala yang normal, untuk mengatasi hal ini jangan tergesa-gesa membeli obat rematik. Obat kimia memiliki kandungan berbahaya apabila dikonsumsi terlalu sering.

Fungsi Garam Dapur Sebagai Media Penyembuhan Sakit Rematik

Ada alternatif lain yang bisa anda gunakan untuk mengurangi rematik. Salah satu cara yang berhasil digunakan yaitu dengan memanfaatkan garam dapur untuk terapi, bagaimana caranya? Garam dapur mengandung zat iodium, zat ini cukup keras dan akan merusak organ dalam bila dikonsumsi secara berlebihan. Orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit jantung diharuskan untuk mengurangi konsumsi garam. Pada penyakit rematik juga demikian, konsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan bisa mengakibatkan rematik semakin parah. Terapi garam yang dimaksud disini yaitu dengan mencampurkan garam dengan air hangat. Untuk mengurangi rematik yang berpusat di kaki, campurkan garam dapur secukupnya dengan beberapa liter air biasa. Campurkan juga air hangat untuk efek relaksasi, masukkan kaki ke dalam wadah yang berisi larutan air garam.

Rendam kaki selama maksimal 15 menit untuk mendapatkan hasil maksimal. Lakukan terapi ini setidaknya satu kali dalam seminggu, jangan terlalu sering melakukan terapi ini. Untuk hasil yang lebih baik, kurangi konsumsi makanan yang bisa mengakibatkan rematik anda kambuh misalnya kacang-kacangan dan buah melinjo. Buah melinjo terkenal memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pendeita rematik, asam urat dan darah tinggi.

Related posts: