Bahan bangunan paving block terbuat dari berbagai campuran seperti campuran semen, abu batu, air, dan campuran yang lainnya. Paving blok ini digunakan untuk menjadi salah satu cara alternatif untuk menutupi atau untuk pengerasan permukaan lahan atau tanah. Material paving blok ini biasa dikenal dengan sebutan concrete block atau bata beton. Dari berbagai macam penutup permukaan lahan alternatif, paving blok ini lebih mempunyai banyak kelebihan dibandingkan produk yang lain.

Berbagai Kelebihan Material Paving Block

Kelebihan paving blok yang paling terlihat yaitu dari kelebihan bentuk, warna, ukuran, tekstur permukaan dan corak. Penggunaan material paving blok ini bisa juga divariasikan dengan material bahan bangunan untuk penutup tanah yang lainnya. Beberapa kelebihan paving blok yaitu antara lain:

  1. Mempunyai kemampuan menyerap air lebih baik dibanding beton readymix ataupun aspal. Biasanya air yang terserap ke dalam tanah, melalui rongga saat pemasangan material paving blok. Hal tersebut sangat baik dalam menjaga air tanah seimbang untuk bisa menopang bangunan di sekitarnya.
  2. Berat dari material paving block ini cenderung lebih ringan dibandingkan cor beton ataupun aspal. Paving blok ini bisa menjadi penopang utama supaya pondasi rumah bisa tetap stabil.
  3. Dari lancarnya serapan air di sekitar rumah, maka akan bisa menjamin tersedianya air tanah untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari.

Ada berbagai jenis paving blok dan juga ukuran paving blok. Sekarang ini sudah sangat mudah untuk menemui penggunaan material paving blok di lingkungan sekitaran kita. Ukuran, bentuk, dan warna paving blok pun sangat beragam. Ada paving blok dengan jenis bata berbentuk persegi empat balok, lalu paving blok tipe hexagon dengan 6 sisi dan juga masih banyak model paving blok yang lainnya.

Dengan adanya variasi pada warna, ukuran dan bentuk, maka kita bisa memilih paving block yang mana yang sesuai dengan tema bangunan, tema kawasan atau selera kita sendiri. Paving blok ini terdiri dari berbagai ukuran, seperti ukuran 6, 8, dan 10 cm. Tiap ukuran diperuntukkan untuk keperluan penahanan beban di atasnya.

Related posts: