Metode penangkapan ikan merupakan metode atau cara yang digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan di lautan. Biasanya mereka menggunakan jebakan ikan, tobak, rawai, jaring, bahkan menggunakan tangan sendiri pula. Ada suatu hubungan dari metode menangkap ikan dengan efektivitas mengenai perilaku ikan seperti bagaimana cara mereka mencari makan, kapan migrasi ikan, bagaimana habitatnya. Karena metode menangkap ikan akan ditentukan pula oleh habitat dan spesies ikan yang ingin nelayan tangkap.

Jenis Penangkapan Ikan Yang Digunakan Dari Dulu Hingga Sekarang

Untuk metode menangkap ikan dengan tangan untuk sekarang mungkin sudah tidak lagi digunakan. Apalagi bagi nelayan modern atau komersial, menangkap ikan dengan tangan tentu akan sangat merepotkan mereka. Dulunya metode ini sudah dilakukan oleh para manusia purba dan juga orang-orang zaman dahulu. Sekarang mungkin lebih digunakan pada nelayan rekreasi atau nelayan yang hidup di tempat terpencil.

Metode penangkapan ikan selanjutnya adalah dengan menombak ikan. Metode ini merupakan metode kuno yang digunakan oleh orang-orang beberapa ratus abad yang lalu. Mereka akan menombak ikan di sungai atau laut dengan menggunakan tombak, panah, trident, atau harpoon. Ada juga yang menggunakan pegas dan bubuk mesiu agar menangkap ikan dengan tombak semakin efektif.

Untuk metode penjaringan ini masih dilakukan sampai sekarang. Jaring ikan ini dibuat dengan cara menganyam atau menyulam benang tipis sehingga dapat terbentuk jaring-jaring. Penjaringan sampai sekarang pun masih digunakan untuk nelayan komersial, bahkan penjaringan juga merupakan prinsip mereka.

Namun jika menggunakan metode penjaringan terus menerus, maka akan berdampak buruk dari sisi ekologi. Karena tak jarang jaring ikan akan hilang sebagian atau seluruhnya di laut sehingga menjadi jaring hantu. Jaring hantu tersebut akan melayang di laut lalu mengikuti arus laut. Akibatnya jaring tersebut akan menjaring hewan laut maupun dimakan oleh hewan laut karena mereka mengira jaring tersebut adalah makanan. Tentu saja hal ini akan berbahaya bagi hewan laut. Karena itulah jika Anda ingin menangkap ikan, Anda harus memperhatikan apa saja dampaknya. Gunakan metode penangkapan ikan yang aman agar ekosistem laut tetap terjaga.

Related posts: