Jika kita membicarakan tentang altar, tidak terlepas dari ritual keagamaan. Begitu juga ketika Anda ingin mendaki gunung penanggungan, maka Anda akan mendengar misteri tentang adanya altar di puncak gunungnya. Altar yang kita kenal, memang biasanya ada di setiap tempat pemujaan atau tempat ibadah orang-orang yang melakukan pemujaan. Agama yang paling terkenal melakukan pemujaan dengan adanya altar ini biasanya agama-agama kuno, Hindu, Budha, bahkan Kristen juga suka melakukan pemujaan terhadap tuhan mereka sehingga di tempat pemujaan mereka terdapat altar. Dan begitu juga dengan misteri gunung penanggungan ini.

Misteri Puncak Gunung Penanggungan Yang Terdapat Altar

Misteri di gunung penanggungan ini sangat terkenal di masyarakat, selain adanya jalur jalan yang kuno di lereng hingga puncak gunung, juga ada misteri yang menyebutkan bahwa ada altar yang dijadikan sebagai tempat untuk pemujaan atau tempat ibadah orang-orang dan kemungkinan orang-orang pada zaman dahulu. Sehingga banyak yang berpendapat bahwa di puncak memang dulunya terdapat sebuah kerajaan karena juga didukung dengan banyak nya peninggalan-peninggalan yang terdapat di sepanjang lereng gunung. Maka saat seorang pendaki melakukan perjalanan banyak yang menemukan berbagai peninggalan-peninggalan yang di duga dari sisaan dari sebuah kerajaan pada zaman dahulu.

Gunung penanggungan ini banyak dibilang sebagai salah satu gunung suci yang ada diantara sembilan gunung suci yang terdapat di Jawa. Banyak pula orang-orang yang melakukan ekspedisi dan juga penelitian-penelitian yang dilakukan mengenai beberapa penemuan peninggalan dari gunung penanggungan tersebut. banyak sekali peninggalan yang terdapat di gunung tersebut sehingga banyak yang memberikan pendapat kalau di gunung tersebut terdapat sebuah altar yang dijadikan sebagai tempat pemujaan. Misteri gunung penanggungan ini sangat menarik perhatian banyak orang sehingga semakin banyak yang datang untuk membuktikannya.

Dari banyaknya penelitian yang dilakukan mengenai misteri gunung ini, terutama soal adanya altar di puncak gunung ini, masih belum dibuktikan adanya dan diketahui kepastian dan kebenarannya. Meskipun banyak sekali penemuan yang didapatkan oleh para arkeolog terutama, tetap saja belum ditemukan kebenaran adanya altar tersebut.

Apalagi didukung dengan beberapa penemuan lain seperti jalur kuno yang ada di lereng gunung dan masih banyak misteri yang dirasakan para pendaki yang pernah melakukan pendakian ke sana, misteri gunung penanggungan semakin menarik untuk diteliti, apalagi sedikit demi sedikit sekarang dengan adanya teknologi bisa di prediksi.

Related posts: