Antibiotik adalah salah satu obat yang sering diresepkan pada kita saat kita sakit. obat ini digunakan untuk mengobati infeksi bakteri atau parasit yang menyerang tubuh kita. Nama obat antibiotik ini ada banyak namanya sehingga terkadang bisa membingungkan orang awam. Jadi, sangat penting bagi orang awam untuk tahu tentang antibiotik dan juga fungsinya. Antibiotik merupakan obat yang biasa dipakai untuk mengobati penyakit tipes, bisul, selulitis, dam juga beberapa infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan parasit tertentu. Antibiotik tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, sirup, suntik, salep, krim, atau lotion. Fungsi dari antibiotik adalah untuk membunuh bakteri dan parasit di dalam tubuh kita sehingga antibiotik tidak bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.

Dua Nama Obat Antibiotik

Berikut ini adalah dua dari beberapa nama obat antibiotik yang bisa Anda gunakan. apa saja obat antibiotik tersebut? ini dia.

  1. Penisilin

Antibiotik yang satu ini merupakan antibiotik beta lactam. Obat ini merupakan kelas antibiotik yang bisa merusak dinding sel bakteri atau parasit saat sedang dalam masa reproduksi. Penisilin merupakan kelompok dari agen bakterisida yang mempunyai kandungan penisilin V, penisilin G, tikarsilin, ampisilin, oksasilin, nafsilin, amoksisilin, dan kloksasilin. Antibiotik penisilin biasanya digunakan untuk mengobati infeksi yang biasanya menyerang gigi, telinga, mata, kulit, dan saluran pernapasan. Ada sebagian orang yang mempunyai alergi pada antibiotik penisilin. Mereka yang mempunyai alergi tersebut akan mengalami demam atau ruam pada kulit karena hipersensitivitas pada penisilin. Biasanya antibiotik yang satu ini juga dikombinasikan degan antibiotik lainnya oleh dokter.

  1. Sefalosporin

Sama seperti penisilin, antibiotik sefalosporin juga bekerja dengan cara merusak dinding sel bakteri selama masa reproduksi. Namun sefalosporin juga mampu mengobati infeksi bakteri yang tidak bisa disembuhkan oleh penisilin contohnya penyakit gonorrhea dan meningitis. Namun, jika Anda alergi pada penisilin maka Anda juga akan alergi dengan safalosporin. Efek samping dari sefalosporin antara lain demam, diare, ruam, dan kejang perut.

Demikian informasi seputar 2 nama obat antibiotik.

Related posts: