Berbicara tentang kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Pulau Bali memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah pakaian adat Bali. mungkin bagi Anda masyarakat awam hanya mengetahui pakaian adat Bali yang biasa dipakai untuk upacara keagamaan saja. Namun sebetulnya ada beberapa nama pakaian adat Bali.

Baju Safari

Baju safari adalah salah satu pakaian adat Bali yang sering dipakai oleh kaum pria di pulau tersebut. baju safari adalah baju yang formal dengan bentuk seperti kemeja dengan kerah dan juga kancing baju. Pada baju safari tersebut terdapat dua saku yang ada di bagian kiri dan kanannya. Baju safari yang menjadi salah satu pakaian adat Bali ini biasanya berwarna putih.

Kamen

Kamen adalah salah satu pakaian adat Bali yang dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Kamen adalah kain yang menyerupai sarung dan terbuat dari kain tipis. Kamen dapat digunakan sebagai sarung bagi kaum pria dengan cara diikatkan pada pinggang dari arah kiri ke kanan, sedangkan pada bagian depan dibuat simpul. Sedangkan kain kamen bagi wanita memiliki bentuk yang lebih panjang daripada yang dibuat untuk kaum pria. Kain kamen untuk wanita juga digunakan dengan cara dililitkan ke pinggang dan dibiarkan menjulur ke tanah.

Udeng

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan udeng. Udeng adalah salah satu pakaian khas Bali yang sering digunakan oleh para pria Bali. kaum pria di Bali wajib menggunakan udeng saat memakai pakaian adat Bali. Selain itu, para pria di Bali juga wajib menggunakan udeng saat beribadah di pura.

Kebaya Bali

Situs masterpendidikan.com dapat memberikan informasi pada Anda tentang dunia perfilman. Kebaya Bali adalah salah satu pakaian adat yang tidak hanya banyak digunakan oleh para kaum wanita di Bali tetapi juga di luar daerah Bali. Kebaya Bali memiliki ciri khas khusus dengan bentuk yang mengekspos bagian bahu serta selalu ada sabuk dari kain yang dililitkan di bagian pinggang. Sabuk tersebut yang menjadi ciri khas dari kebaya Bali.

Related posts: