Asam urat adalah peradangan pada sendi yang kadang orang Indonesia menyebutnya dengan sakit encok. Persendian yang diserang tidak hanya pada bagian punggung ataupun pinggul, tapi juga sendi pada jari-jari tangan dan sendi pada kaki. Kondisi ini akan terasa sangat menyakitkan bagi orang yang telah terdiagnosa menderita asam urat. Sebaiknya kalau sudah begini segera lakukan perbaikan pada pola makanan agar asupan yang terkonsumsi oleh tubuh tidak menyebabkan peradangan semakin meningkat.

Penyebab Asam Urat

Penyebab terjadinya asam urat secara medis adalah dikarenakan banyaknya kadar purin di dalam tubuh. Purin merupakan zat protein yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh yang hasilnya akan langsung disebarkan ke dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan protein. Akan tetapi jikalau tubuh sudah banyak menghasilkan protein yang cukup tinggi, maka asupan jenis makanan yang sudah mengandung protein tinggi dapat mengakibatkan penumpukan purin di dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan memproduksi asam urat secara berlebihan dan mengubahnya menjadi kristal.

Semakin lama kristal menumpuk di area persendian dan juga di seputar jaringan lunak lainnya di dalam tubuh, maka kelanjutan yang terjadi adalah timbulnya rasa ngilu dan sakit yang disertai nyeri. Bahkan terkadang dalam kondisi yang sudah parah bisa juga terjadi pembengkakan pada bagian yang sakit.

Pengobatan Asam Urat

Asam urat tidak dapat diobati, akan tetapi kadarnya bisa dikurangi hingga pada titik normal. Beberapa obat medis yang disarankan dokter adalah obat anti radang non-steroid, jenis obat pereda nyeri berupa colchicine, serta obat kortikosteroid dimana obat ini akan diberikan dokter apabila kedua obat sebelumnya tidak mempan. Ada juga dua jenis obat-obatan yang paling ampuh yang akan diberikan dokter apabila asam urat sudah dalam kategori tinggi, yaitu obat-obatan untuk menutup produksi asam urat, serta obat-obatan untuk menghancurkan asam urat tinggi.

Terlepas dari itu, pengobatan asam urat secara herbal adalah metode yang paling dianjurkan agar sistem metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik secara alami yaitu dengan menerapkan diet buah-buahan, diet sayuran, serta konsumsi minyak ikan dan suplemen makanan berupa magnesium. Ini adalah tips ampuh menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Related posts: