Membuka usaha memang cukup menantang dan seru. Peluang usaha itu sendiri sangat banyak tersebar di sekitaran kita. Salah satu peluang usaha yang prospeknya terus terjaga yaitu usaha kuliner. Usaha kuliner bisa berupa usaha makanan berat, makanan ringan / jajanan, minuman segar, dessert dan kuliner lainnya. Pada dasarnya makanan ataupun minuman merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Selama hidupnya setiap manusia harus mengonsumsi minuman dan makanan.

Tips Membuka Usaha Warung/ Rumah Makan

Membuka usaha kuliner bisa dengan membuka warung makan atau rumah makan. Tentunya jika kita membuka warung makan harus mengetahui hal-hal seperti di bawah ini:

  1. Lokasi warung makan

Setiap usaha kuliner harus terletak pada lokasi yang ramai orang-orang. Hal tersebut dimaksudkan agar orang-orang bisa dengan mudah mengakses warung makan kita. Tidak hanya itu, warung makan kita pun akan lebih dikenal dengan mudah. Pilihlah lokasi seperti kawasan pemukiman, lingkungan kampus, sekolah dan perkantoran. Biasanya pelajar dan karyawan mencari tempat makan untuk menggunakan waktu istirahatnya.

  1. Varian menu makanan dan minuman

Tidak hanya makanan saja yang disajikan pada warung atau rumah makan, berbagai macam minuman pun disajikan. Minuman yang biasa disajikan di warung makan dan banyak dikonsumsi orang-orang yaitu antara lain es teh, es jeruk, es susu, aneka minuman sachetan, dan aneka jus. Untuk varian makanan atau lauk pauk serta sayuran, lebih baik sajikan yang memang sering diminati masyarakat. Buatlah menu yang unik dan banyak diminati seperti menu makanan yang pedas. Hal seperti itu bisa menarik beberapa pengunjung yang memang suka dengan makanan pedas.

  1. Promosi

Jangan lupa memasarkan warung makan Anda dengan mempromosikan melalui online ataupun secara langsung dengan banner yang menarik. Membagi brosur sederhana juga bisa kita lakukan untuk mempromosikan warung atau rumah makan. Buatlah promosi semenarik mungkin agar bisa menarik minat pengunjung. Untuk pemasaran secara online, gunakanlah sosial media seperti Instagram dan Facebook yang terkenal sangat efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pemasaran. Kita juga bisa membuat promo pada awal pembukaan warung makan.

Related posts: