Beternak merupakan salah satu kegiatan yang cocok dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di lingkungan pedesaan. Hal ini disebabkan karena wilayah pedesaan masih memiliki ruang yang memadai untuk proses budidaya atau ternak hewan. Selain itu, di pedesaan juga masih tersedia banyak rumput atau tanaman liar yang menjadi salah satu bahan pakan ternak. Oleh karena itu, masyarakat desa harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan banyak keuntungan dengan menjalankan bisnis budidaya atau ternak hewan.

Jenis Ayam Yang Cocok Di Budidaya Di Pedesaan Dan Memberikan Keuntungan Yang Besar

Salah satu hewan yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk beternak di desa adalah ayam. Hal ini disebabkan karena usaha ternak ayam sangat mudah dijalankan. Selain itu, usaha ini juga memberikan keuntungan yang sangat besar. Bagaimana tidak? Permintaan pasar Indonesia terhadap daging ayam memang sangat besar. Hal ini disebabkan karena kebutuhan konsumsi daging ayam bagi masyarakat Indonesia memang cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika peternak ayam tidak pernah sepi pembeli. Jenis ayam yang bisa diternak ada beraneka macam. Di antaranya adalah:

  1. Ayam Pedaging

Ayam pedaging dikenal juga sebagai ayam broiler. Bisnis ternak ayam broiler sangat menjanjikan karena permintaan masyarakat terhadap daging ayam memang sangat besar. Terutama ketika menjelang hari besar, harga ayam akan melambung hingga berkali-kali lipat.

  1. Ayam Kampung

Salah satu kebiasaan masyarakat desa adalah beternak ayam kampung. Oleh karena itu, ayam kampung sangat mudah dijumpai di berbagai pedesaan. Masyarakat bisa memulai bisnis ternak ayam kampung dari skala yang kecil hingga akhirnya berkembang menjadi skala yang lebih besar.

  1. Ayam Petelur

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap telur ayam juga sangat tinggi. Oleh karena itu, usaha ternak ayam petelur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwirausaha di pedesaan.

Nah, itulah jenis-jenis ayam yang cocok dibudidaya di pedesaan. Dengan menjalankan bisnis atau usaha ternak ayam, maka bukan tidak mungkin bagi masyarakat pedesaan untuk meraup banyak keuntungan. Karena bisnis ini sangat mudah dijalankan, maka tidak heran jika bisnis ternak ayam menjadi pilihan bisnis di pedesaan yang sangat menguntungkan dan menjanjikan.

Related posts: