Derasnya arus globalisasi yang terjadi di Indonesia menyebabkan masyarakat Indonesia terombang-ambing di tengah gulungan ombak globalisasi yang semakin merasuk ke budaya masyarakat Indonesia saat ini. Bukti nyata dari efek globalisasi yang terjadi di Indonesia adalah gaya hidup masyarakat yang sangat menirukan gaya hidup orang-orang luar negeri. Hedonisme sepertinya sudah menjadi patokan seseorang agar dapat dikatakan keren dan tak tertinggal oleh jaman yang terus berkembang, terutama dalam bidang fashion. Perkembangan fashion di Indonesia saat ini terbilang sangat cepat karena pengaruh globalisasi dari Negara-negara adikuasa. Hal tersebut memang berdampak positif bagi industri konveksi maupun garmen karena permintaan pasar yang meningkat. Industri pakaian dalam skala besar seperti garment, mendapat pesanan pakaian jadi yang sangat cepat berubah-ubah, berbanding lurus dengan perubahan fashion pada masyarakat.

Pengaruh Globalisasi Atas Perubahan Fashion Masyarakat Pada Industri Garment

Globalisasi merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari karena efeknya yang terlalu kuat. Globalisasi membawa banyak dampak positif, begitu pula dampak negatifnya. Dampak tersebut tidak hanya akan mempengaruhi budaya yang berkembang di tengah masyarakat. Namun juga mempengaruhi industri garmen, mengingat perubahan fashion yang terjadi di masyarakat sangat cepat berganti.

  1. Pengaruh positif

Perubahan pada gaya berpakaian masyarakat karena pengaruh globalisasi yang masuk ke Indonesia membawa dampak positif bagi industri garment. Pengaruh positif tersebut adalah meningkatnya permintaan pasar. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan karena semakin banyak permintaan pasar, semakin banyak pula pendapatan yang didapat. Hal tersebut dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

  1. Pengaruh negatif

Kualitas produk pakaian jadi yang diproduksi oleh industri garment lokal memang mempunyai kualitas bagus. Tak mengherankan jika produk tersebut sangat laku di pasaranĀ  lokal. Namun, untuk menembus pasar internasional, produk pakaian jadi Indonesia masih belum memenuhi standar pakaian bagus di luar negeri. Hanya beberapa Negara yang mengategorikan produk pakaian Indonesia memang berkualitas tinggi. Namun tak sedikit pula yang menganggap sebaliknya. Padahal Indonesia memiliki salah satu industri garment terbaik yang memproduksi pakaian jadi bermutu tinggi. Informasi mengenai industri garment tersebut terdapat pada situs pabrikbajumurah.com.

Related posts: