Rambut merupakan mahkota wanita yang akan menambah cantik penampilan mereka, bahkan bagi muslimah yang berjilbab sekalipun rambut adalah bagian penting dari kecantikan. Untuk membersihkan rambut dari keringat dan kotoran yang menempel, biasanya akan dilakukan keramas setiap 2 atau 3 hari sekali. Namun, merawat kesehatan dan kecantikan rambut hanya dengan keramas saja tidaklah cukup. Hal demikian terjadi karena shampoo lebih banyak mengandung detergen ketimbang nutrisi untuk rambut.

Beberapa Perawatan Penting Untuk Kesehatan Rambut

Untuk mendapatkan rambut yang indah dan harum meskipun terpapar debu, polusi dan sinar matahari setiap harinya, dibutuhkan perawatan lain selain shampoo. Mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi seperti sayuran, buah-buahan, telur dan ikan bisa membantu menutrisi rambut. Selain itu, ada beberapa perawatan luar yang bisa kita lakukan untuk membuat rambut sehat dan indah berkilau.

  1. Menggunakan conditioner

Menggunakan conditioner setelah keramas akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan bervolume. Namun, penggunaan conditioner harus diperhatikan karena penggunaan yang salah bisa menyebabkan kulit kepala berketombe. Hindari pemakaian conditioner dekat dengan pangkal rambut, cukup gunakan conditioner sebelum pangkal rambut hingga ujung rambut. Bilas sampai bersih hingga rambut tidak terasa licin. Rambut akan cepat lepek jika conditioner menempel di kulit kepala.

  1. Menggunakan masker rambut

Masker tidak hanya digunakan untuk perawatan kulit wajah tapi juga untuk rambut. Kita bisa membuat masker alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti madu dan lidah buaya. Selain itu, ada juga berbagai jenis produk hair mask siap pakai yang tersedia di toko terdekat. Masker rambut ini akan memberikan nutrisi tambahan untuk rambut sehingga rambut terhindar dari kerusakan.

  1. Hair tonic

Pemberian nutrisi untuk rambut lainnya dapat dilakukan dengan memberikan hair tonic setelah keramas. Rambut yang masih setengah kering adalah saat yang paling pas untuk diberikan hair tonic. Jangan menggunakan hair tonic secara berlebihan karena hal tersebut hanya akan membuat rambut lebih mudah lepek. Selain menutrisi rambut, hair tonic juga bisa membantu kita mengatasi kerontokan rambut.

Related posts: