Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, masyarakat di berbagai dunia banyak memanfaatkan email atau electronic mail untuk berkirim surat. Banyak orang berbondong-bondong untuk daftar email untuk memperluas jangkauan komunikasi mereka. Selain untuk berkomunikasi, email juga sangat membantu dan mempermudah pekerjaan, karena dapat digunakan juga untuk mengirim berbagai jenis file. Setiap kali kita melakukan kegiatan mengirim email, terdapat kolom to, cc, dan bcc. Bagi anda yang sering berkirim surat melalui email, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kolom-kolom itu. Namun, apakah anda tahu apa perbedaan fungsi dari ketiganya?

Perbedaan Fungsi To, Cc dan Bcc

Banyak orang yang daftar email dan melakukan kegiatan berkirim surat melalui email untuk membantu kegiatan mereka. Tentunya sudah bukan hal asing lagi dengan kolom To, Cc dan Bcc. Namun, tidak sedikit pengguna yang belum paham perbedaan fungsi dari ketiganya meskipun mereka menggunakan email setiap hari. Kolom To (Kepada) merupakan kolom yang harus anda isi dengan alamat penerima utama email yang akan anda kirimkan. Anda dapat mengirimkan email pada lebih dari satu penerima. Sedangkan kolom Cc, yang merupakan kepanjangan dari Carbon Copy merupakan kolom yang dapat anda isi dengan alamat penerima lain. Dalam hal ini, penerima utama yang terdapat dalam kolom To akan mengetahui bahwa email tersebut juga dikirimkan ke orang lain. Kolom Bcc, yang merupakan kepanjangan dari Blind Carbon Copy merupakan kolom yang dapat anda isi dengan alamat email penerima ketiga, sama halnya dengan kolom Cc. perbedaannya terletak pada, jika pada Cc penerima utama yang ada pada kolo To akan mengetahui bahwa emai tersebut dikirimkan ke orang lain. Sedangkan pada kolom Bcc, penerima utama tidak akan tahu bahwa email tersebut dikirim ke orang lain.

Contoh:

To: penerimasatu@Gmail.com

Cc: penerimadua@Gmail.com

Bcc: penerimatiga@Gmail.com

Penerima satu akan tahu bahwa penerima dua mendapat email salinan, tapi penerima satu tidak mengetahui bahwa penerima tiga juga mendapat email salinan. Sedangkan penerima tiga mengetahui siapa saja yang mendapat email tersebut.

Jika anda telah daftar email dan melakukan kegiatan berkirim email menggunakan layanan email gratis, pastikan anda paham apa saja perbedaan fungsi ketiga kolom tersebut.

Related posts: