Kesehatan reproduksi merupakan suatu hal yang dapat diibaratkan seperti pisau. Jika pisau itu dipegang oleh ibu rumah tangga, maka akan sangat bermanfaat untuk memasak. Lain halnya bisa pisaunya berada di tangan orang yang berniat jahat seperti pembunuh maka akan merugikan diri pembunuh itu sendiri maupun diri orang lain. Perumpamaan tersebut dapat dikaitkan dengan penyakit yang ada di daerah reproduksi. Penyakit timbul jika diri kita melakukan hal-hal yang merugikan seperti saat pisau ada di tangan penjahat. Selain dapat merugikan diri sendiri juga dapat merugikan orang-orang terdekat seperti suami dan anak-anak. Cara mengatasi keputihan sebagai salah satu penyakit di daerah reproduksi yang umumnya diderita oleh wanita pun harus diketahui.

Stop Keputihan!

Keputihan yang tidak normal yang harus dihentikan dalam hal ini karena keputihan normal justru membantu vagina dan saluran kencing menjadi lebih licin dan bersih. Cara mengatasi keputihan dapat dilakukan dengan pencegahan yang tepat, yaitu:

  • Bagi wanita yang sedang haid usahakan menghindari menggunakan pembalut terlalu lama. Jangan mengganti pembalut ketika sudah penuh saja tapi maksimal diganti selama empat jam sekali. Karena lamanya durasi pemakaian pembalut dapat membuat bakteri penyebab keputihan tidak normal tumbuh semakin pesat.
  • Saat membeli pembalut pun usahakan memastikan bahan dasar pembuatan pembalutnya dari kapas murni dan jangan memilih pembalut yang mengandung pewangi. Pembalut yang tidak terbuat dari kapas dan mengandung pewangi tersebut dapat menyebabkan mikroorganisme penyebab keputihan seperti bakteri, virus, parasit dan sebagainya tumbuh dengan subur.
  • Hindari penggunaan sabun kimia untuk membersihkan vagina.
  • Bersikap setia pada pasangan, jangan mudah termakan rayuan sehingga melakukan hubungan seks bebas karena bakteri, virus, dan jamur bisa didapatkan dari pengkhianatan komitmen yang telah dibangun saat pernikahan bersama pasangan.
  • Selalu menjaga kebersihan diri dan daerah kewanitaan supaya tetap kering dan tidak lembab.

Makanan Yang Cocok Untuk Perempuan

Pola asupan makan akan mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita. Cara mengatasi keputihan dapat dengan mengonsumsi makanan yang dapat menjaga tingkat keseimbangan pH di daerah kewanitaan lebih sesuai. Contoh makanannya yaitu cuka sari apel, pisang, jus delima, jahe hangat, dan sebagainya.

Related posts: