Setiap manusia memiliki kebutuhannya tersendiri yang berbeda dengan satu dan yang lainnya. Salah satunya yaitu dalam pemilihan shampoo untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Ketika Anda sedang memilih dan memilah shampoo, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis kulit kepala. Setiap jenis kulit kepala memiliki perawatan shampoo yang berbeda-beda. Untuk itu, jika Anda hanya membelinya semau Anda tanpa memperhatikan terlebih dahulu kegunaan dari shampoo tersebut, bisa jadi hal itu akan menyebabkan dermatitis kulit kepala.

Kenali Lebih Lanjut Mengenai Dermatitis Kulit Kepala

Berbicara mengenai dermatitis kulit kepala, pernahkah Anda mendengar mengenai apa itu dermatitis? Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan penggunaan shampoo yang salah. Jika Anda menggunakan shampoo yang salah ataupun sering bergonta-ganti shampoo, bisa jadi Anda mengidap penyakit dermatitis kulit kepala.

Untuk itu, mari bahas lebih lanjut mengenai apa itu dermatitis kulit kepala. Jadi, dermatitis kulit kepala merupakan kondisi kulit kepala yang membuat iritasi, kemerahan, dan gatal, kadang-kadang dibarengi dengan serpihan kulit kepala yang lepas ataupun ketombe.

Biasanya, orang yang suka terkena kondisi kulit kepala ini merupakan orang yang terlalu sering berganti shampoo. Mengapa? Kandungan yang ada dalam shampoo yang berbeda tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala karena mengandung pewarna buatan, parfum, dan bahan kimia lainnya.

Selain penggunaan shampoo yang terus gonta-ganti setiap harinya, kondisi kulit kepala ini disebabkan oleh faktor lainnya. Faktornya tersebut bisa merupakan perubahan musim, trauma yang disebabkan oleh menggaruk kulit kepala secara berlebihan, stres, dan juga perubahan kelembaban pada kulit kepala.

Yang perlu Anda ketahui selanjutnya ketika Anda mengalami kondisi ini, rambut Anda tidak akan terlihat sehat, rontok, dan kusam. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan dengan pasti mengenai shampoo mana yang cocok untuk kulit kepala Anda. Anda juga bisa mengonsultasikannya pada dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat untuk kesehatan kulit kepala. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk setiap masalah kulit kepala yang Anda alami tersebut.

Related posts: