Peternakan merupakan salah satu bidang usaha yang cukup potensial. Dimana kebutuhan akan komoditas hasil peternakan saat ini sangat dibutuhkan, sebagai salah satu contoh nyata adalah kebutuhan akan komoditas daging sapi. Sampai saat ini sebagian besar kebutuhan pasar atas daging masih didatangkan dari luar negeri atau impor. Dimana Australia menjadi negara importir utama kebutuhan daging di Indonesia. Impor daging yang dilakukan pemerintah ini tentu tidak terlepas dari tingginya permintaan daging sementara peternak lokal tidak mampu memenuhi kebutuhan daging di Indonesia. Dengan tingginya permintaan akan daging tersebut tentu menjadi salah satu dasar bagi Anda untuk memulai bisnis ternak sapi  milik Anda sendiri.

Memulai Usaha Ternak Sapi Dalam Rangka Memenuhi Kebutuhan Daging Dalam Negeri

Pemintaan akan daging memang terus meningkat. Permintaan akan daging sapi biasanya mengalami masa panen menjelang hari raya baik itu Idul Adha, Idul fitri maupun natal. Harga daging sapi juga akan semakin meningkat. Belum lagi pemerintah Indonesia saat ini juga sangat mendukung usaha dalam bidang peternakan. Pemerintah  sangat mendukung usaha peternakan sapi mulai dari tingkat pedesaan sampai tingkat perkotaan. Pemerintah memberikan dukungan nyata dengan memberikan bantuan bibit sapi unggul kepada setiap peternak. Pemberian bibit sapi unggul tersebut tentu untuk mengembangkan usaha ternak sapi itu sendiri dalam rangka untuk meningkat produksi daging sapi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi nasional.

Untuk mendirikan usaha ternak sendiri Anda harus memiliki lahan sendiri dan usahakan kandang sapi yang akan Anda buat jauh dari lingkungan atau dari pemukiman masyarakat. Tidak hanya itu kotoran sapi yang ada juga bisa Anda manfaatkan sebagai pupuk kompos atau bahkan bisa Anda manfaatkan sebagai biogas yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan rumah tangga Anda. dengan hal ini tentu Anda bisa mendapatkan keuntungan ganda dari bisnis yang satu ini. Dengan hal ini tentu tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakoni bisnis ternak sapi karena Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar mengingat begitu potensialnya bisnis ternak sapi saat ini. Dengan hal ini Anda juga membantu meningkatkan perekonomian nasional karena mampu secara tidak langsung bisa membuka lapangan pekerjaan.

Related posts: