Medali biasanya identik sebagai hadiah pencapaian atau prestasi untuk seseorang atau kelompok. Anda bisa mendapatkannya dari sebuah perlombaan atau kelulusan. Untuk beberapa orang mungkin akan lebih senang membeli langsung medali dari tempat yang terpercaya dengan alasan efisiensi. Namun, ternyata Anda juga bisa buat medali sendiri di rumah. Namun, tentunya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, apakah Anda ingin membeli langsung atau membuat medali sendiri di rumah? Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda.

Membeli Medali Vs Membuat Medali Sendiri

Membeli atau buat medali sendiri memang tidak ada yang salah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut adalah pertimbangan untuk membeli atau membuat medali sendiri:

  • Membeli Medali

Membeli merupakan cara termudah dan terefisien yang bisa Anda lakukan. Selain menghemat waktu, Anda juga akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari tangan-tangan yang sudah berpengalaman. Ditambah lagi jika Anda ingin memesan medali dalam jumlah besar, tentunya akan lebih menghemat waktu dan biaya. Semakin banyak pesanan, maka akan semakin murah harga yang didapatkan.

 

Namun tentunya Anda harus benar-benar teliti dalam memilih tempat menjual medali. Salah sedikit saja, maka hasil yang didapatkan akan mengecewakan. Untuk itu, carilah toko yang sangat direkomendasikan baik secara online maupun langsung. Selain itu, harga yang ditawarkan pun akan semakin tinggi jika Anda memesan dalam jumlah sedikit.

 

  • Membuat Medali Sendiri

Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa buat medali sendiri di rumah. Anda bisa menyesuaikan bentuk dan desain sesuai keinginan dengan harga yang sama. Namun, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan dan bahan-bahan sendiri. Ditambah lagi jika Anda membutuhkan banyak medali, maka semakin banyak waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan semuanya. Oleh sebab itu,  membuat medali sendiri bisa dipilih jika Anda tidak membutuhkan terlalu banyak medali. Tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dibandingkan memesan langsung selama Anda sudah memiliki beberapa peralatan khusus sebelumnya.

Related posts: