Sejarah PKI di Indonesia menjadi salah satu misteri besar sejarah yang di miliki oleh Negara kita. Meskipun tidak jarang kisah menceritakan tentang sepak terjang partai yang satu ini, termasuk kisah-kisah yang  bisa Anda temukan di Portal Sejarah, pembicaraan tentang topik ini selalu menarik. Ingin tahu beberapa fakta terkait dengan sepak terjang PKI dan sejarah besar Indonesia? Simak beberapa informasi singkat berikut ini.

Kisah PKI Dalam Sejarah Indonesia

Salah satu topik menarik saat membicarakan sejarah di Portal Sejarah adalah pembicaraan tentang sejarah PKI di Indonesia. Ya, partai yang satu ini dan ideologi yang dianutnya menjadi salah satu yang paling kontroversial di Indonesia. Bahkan, pada masa sebelum kemerdekaan, PKI sudah pernah melakukan pemberontakan di Indonesia.

Pemberontakan PKI pertama kali terjadi pada tahun 1926. Pada masa itu, PKI masih menyerang kolonialis, karena Indonesia masih berada di bawah penjajahan Belanda. Setelah Indonesia merdeka, PKI pun mulai bangkit kembali dan terjadi peristiwa Madiun 1948. Pada peristiwa itu, PKI ingin mengumumkan terbentuknya Republik Soviet Indonesia dengan Musso sebagai Presiden, sementara Amir Syarifuddin sebagai wakilnya. Akan tetapi, akhirnya Madiun bisa kembali dikuasai oleh PKI.

Ternyata, perkembangan PKI di Indonesia tidak berhenti begitu saja. PKI masih tumbuh dan mulai untuk menyuarakan ideologi-ideologi mereka. Pada tahun 1950 melalui Bintang Merah dan juga Harian Rakyat, PKI mengumumkan diri sebagai bagian dari partai nasionalis. Pada masa itu, pemimpin PKI adalah D.N. Aidit. Pada tahun 1955, PKI ikut serta dalam Pemilu 1955 dan bahkan menempati posisi ke-4 dengan perolehan 16% suara.

PKI yang sempat mengambil hati Ir. Soekarno sebagai presiden masa itu, ternyata tidak serta merta mendukung. Mereka pun masih mulai menyuarakan opini-opini yang sesuai dengan haluan mereka. Pada tahun 1960, koran milik PKI, Harian Rakyat, sempat membahas tentang kebijakan pemerintah yang mereka anggap tidak sesuai dengan ideologi mereka.

Sampai terjadi satu sejarah yang tidak bisa terlupakan dari benak rakyat Indonesia, yaitu tragedi G30S PKI yang merupakan akhir dari PKI. Untuk cerita lebih lengkap terkait G30S PKI sebagai bagian dari sejarah PKI di Indonesia, temukan selengkapnya di Portal Sejarah.

Related posts: