Dalam bisnis retail seperti minimarket, butik atau bahkan departemen store tentunya harus memiliki sistem keuangan yang baik. Pada zaman sekarang ini, banyak pengusaha-pengusaha di bidang retail yang tidak lagi menggunakan sistem cash register (mesin kasir). Kini adanya yang program kasir namanya sistem point of sales atau biasa disingkat PoS.

Apa itu PoS?

PoS adalah  sistem keuangan yang memiliki banyak fungsi, sangat cocok bagi kalian pebisnis pemula. Dalam PoS tidak hanya digunakan untuk mendata pemasukan dan pengeluaran dan data barang saja. Banyak sekali kegunaan dan kelebihan dari PoS dibanding dengan cash register. Program kasir PoS bersifat online, Anda dapat mengecek data barang ataupun laporan keuangan di mana saja. PoS dapat juga memperhitungkan laba dan rugi hingga mengatur gaji pegawai Anda tiap bulannya.

Dalam PoS juga dapat menaikkan harga dalam skala besar, apabila penentuan harga produk yang Anda jual berdasarkan kurs mata uang asing Anda tidak perlu mengganti harga produk secara satu persatu cukup dengan menggantinya sesuai kategori saja. Dengan sistem yang online, transaksi juga berlangsung cepat dan lebih mudah dan tentunya lebih aman. PoS ini umumnya berbasis android, sehingga dapat diakses dengan smartphone ataupun tablet.

Namun, kekurangan dari sistem PoS ini ialah slot untuk menyimpan data produk masihlah sangat terbatas sehingga tidak dapat menyimpan stok barang terlalu banyak. Karena PoS bersifat online, maka untuk akses pun harus terbatas dengan internet, tidak bisa diakses secara offline. Kekurangan lainnya dari sistem PoS adalah sistem ini bersistem berlangganan, tidak sekali beli sehingga kamu harus menganggarkan tiap bulan atau per tahunnya untuk berlangganan sistem PoS ini.

Sistem PoS sendiri banyak jenis dan fiturnya tergantung dengan aplikasi yang Anda pakai. Jadi? Sudahkah Anda berniat membuka bisnis? Bisnis apa yang ingin Anda buat? Sebelum mulai mencari PoS, ada baiknya jika memperhatikan fitur-fitur yang dimiliki pada terlebih dahulu seperti dapat melakukan pencatatan pembayaran, mampu mencetak faktur pajak penjualan dan memiliki fitur cetak dan scan barcode. Selamat memulai usaha dan dapatkan program kasir terlengkap di sini.

Related posts: