Sumber daya perikanan dan kelautan Indonesia tidak dapat dianggap remeh. Pasalnya menurut sumber yang ada Indonesia selama tahun 2013 hingga 2014 menempati posisi kedua diantara negara penghasil ikan laut lainnya. Sementara itu, hingga tahun 2015 yang lalu pencapaian produksi hasil laut Indonesia mengalami kenaikan yang fantastis. Maka dari itu, pemerintah mencoba untuk meningkatkan keuntungan dari sektor ini dengan cari melakukan ekspor.

Data Kementerian Kelautan Dan Perikanan Tentang Produksi Laut Indonesia

Memang suatu keadaan yang cukup ironis jika kebanyakan nelayan laut masih banyak yang mengalami kesulitan finansial. Bahkan, banyak diantaranya yang masih dikatakan nelayan miskin. Padahal menurut catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) produksi hasil laut Indonesia cukup baik. Bahkan, angka yang ada cenderung menunjukkan peningkatan.

Jika diurutkan sejak tahun 2012 hingga tahun 2015 saja peningkatan hasil laut Indonesia mencapai 1 juta ton. Pada tahun 2012, perikanan laut Indonesia menghasilkan 5,44 juta ton. Peningkatan cukup baik ditunjukkan pada tahun 2013 yang mencapai 5,71 juta ton. Bahkan pada tahun 2014 produksi hasil laut terus naik hingga lebih dari 6 juta ton. Data terakhir pada tahun 2015 mencapai angka 6,2 juta ton. Hingga akhir tahun 2017 total produksi perikanan dan kelautan ini terus meningkat dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah.

Upaya Pemerintah Bekerja Sama Dengan Arab Saudi

Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan menjalin kerja sama dengan salah satu negara timur tengah, Arab Saudi. Tidak hanya dalam bidang perikanan saja, Indonesia dan Arab Saudi juga menjalin kerja sama dalam bidang lain pula. Keunggulan Arab Saudi adalah bahwa negara ini memiliki standar produk dagang yang tinggi dan terbukti menghasilkan output yang sangat baik. Menteri KKP berharap kerja sama ini dapat menghasilkan standar karantina ikan yang baik.

Kondisi negara-negara Timur Tengah sendiri jauh dari sumber daya maritim sementara masyarakatnya gemar mengonsumsi ikan kalengan. Selain itu, diharapkan bahwa ekspor hasil laut Indonesia bisa lebih luas sampai ke negara-negara Timur Tengah. Diharapkan peluang ini mampu memberi manfaat pada kondisi perikanan dan kelautan Indonesia.

Related posts: