kemeja batik

kemeja batik

Batik merupakan bagian dari sejarah Indonesia dan menjadi budaya dari masyarakat Indonesia. hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki batik yang khas dan coraknya masing-masing di tiap daerah. Dan kini batik mulai banyak digunakan oleh masyarakat dari anak-anak hingga dewasa. Dengan kemeja batik yang kian memasyarakat tentunya berbagai inovasi dan desain corak yang beragam sudah diciptakan untuk memenuhi keinginan pasar. Karena memang batik saat ini sudah modern dan mengikuti perkembangan jaman. Namun tidak lepas dari pakem yang ada dan sudah ada sejak jaman dahulu. Meskipun hampir pada tiap provinsi terdapat batik khasnya namun yang terkenal adalah batik Jawa Tengah dengan batik Solo, Jogja dan Pekalongan.

Teknik Yang Dikenal Dalam Membuat Batik Sebelum Menjadi Kemeja Batik

Untuk menjadi sebuah kemeja batik tentunya harus melalui proses pembuatan batik tentunya jika kain batik tersebut dibuat dengan tangan atau yang disebut dengan batik tulis. Proses yang pertama adalah membuat pola batik di atas kertas yang disebut dengan nyungging dan memindahkannya ke atas kain dengan sebutan jiplak. Kemudian ngelowong yang maksudnya dengan melekatkan malam pada kain menggunakan canting sesuai dengan garis pola yang sudah dibuat. Langkah selanjutnya dengan ngiseni atau isen-isen yaitu dengan memberikan motif isian yang sudah diberi malam. Kemudian nyolet yaitu dengan memberi motif bunga atau yang lainnya dengan menggunakan kuas. Mopok dilakukan untuk menutupi motif yang diberi malam yang dilanjutkan dengan nembak yaitu menutupi dasar kain yang tidak diberi diwarna.

Proses selanjutnya adalah ngelir yaitu dengan mewarnai kain secara keseluruhan dilanjut dengan nglorod. Nglorod adalah proses pembilasan kain yang dilakukan dengan 2 tahap dimana kain tersebut direndam menggunakan air mendidih. Ngrentesi adakan proses memberikan titik dengan menggunakan canting yang berjarum tipis. Kemudian nyumri dilakukan untuk menutupi bagian tertentu pada kain dengan menggunakan malam. Dan yang terakhir adalah nyoja dengan mencelupkan kain pada cairan berwarna coklat atau yang disebut dengan sogan. Maka jika sudah menjadi kain tentu bisa dijadikan kemeja batik yang elegan.

Related posts: