Gigi berlubang bisa diartikan bahwa gigi Anda tidak sehat, hal ini bisa terjadi karena adanya plak atau zat lengket yang terbentuk dari berbagai macam kuman dan bakteri di dalam mulut. Bakteri pada mulut selalu mengubah apa pun menjadi asam. Sehingga bakteri, sisa makanan yang terselip, air liur, serta asam pada mulut akan bersatu kemudian bersiaplah untuk menjadi plak. Selain itu, asam pada plak lama-lama akan merusak enamel pelindung gigi dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Rasa Sakit Pada Gigi Berlubang

Pada gigi berlubang memang awalnya tidak akan terasa sakit, namun apabila lubang pada gigi sudah semakin membesar kemudian memengaruhi saraf atau bahkan terjadi gigi patah maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. rasa sakit pada gigi berlubang biasanya akan muncul saat mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Supaya rasa saki pada gigi berlubang bisa disembuhkan segera datangi dokter gigi untuk menutup dan mengobati gigi berlubang.

Ada beberapa cara dokter untuk menangani gigi yang berlubang, berikut penjelasannya.

Dalam Tahap Ringan

Jika gigi yang berlubang masih belum terlalu parah, maka dokter biasanya akan memberikan flouride pada gigi. Tentunya flouride yang diberikan dokter dosisnya berbeda dengan yang ada di pasta gigi. Caranya adalah dokter akan menggosokkan flouride jel, cair, busa, atau pernis pada gigi dalam beberapa menit. Flouride ini akan membantu pemulihan enamel pada gigi sehingga lubang gigi akan menutup.

Penambalan Gigi

Apabila gigi berlubang telah mengalami pembusukan pada tahap awal, maka dokter akan memulai untuk menambal gigi. Caranya adalah dengan mengebor untuk membuang gigi yang sudah membusuk. Kemudian gigi akan ditambal dengan memakai zat diantaranya perak, resin komposit, porselen, atau emas.

Cabut Gigi

Apabila pembusukan pada gigi berlubang ini sudah sangat parah, maka prosedur yang harus dilakukan adalah dengan mencabut gigi. Hal ini karena gigi sudah tidak bisa diperbaiki lagi sehingga harus membuang gigi tersebut. Gigi yang telah dicabut akan meninggalkan ruang yang menyebabkan gigi lainnya akan bergeser, maka dari itu dapat disarankan untuk melakukan implan gigi.

Related posts: