Air mawar memang sudah digunakan dari zaman dahulu kala untuk masalah kecantikan kulit dan wajah. Ada banyak produk air mawar yang bisa Anda beli sendiri di supermarket. Jika Anda memiliki tumbuhan mawar di rumah, mengapa Anda tidak membuatnya sendiri? Untuk lebih menghemat biaya pengeluaran, membuat air mawar sendiri di rumah sudah terbukti aman dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia lainnya.

Sediakan Dahulu Bahan-Bahannya

Jika Anda ingin membikin air mawar sendiri, Anda bisa menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Untuk membuat air mawar di rumah tidaklah repot, Anda hanya perlu menyiapkan mawarnya sendiri dan air.

Mawar yang digunakan harus mawar yang masih segar. Semakin segar mawar yang digunakan, semakin berkualitas air mawar yang akan dihasilkan nantinya. Siapkan kelopak bunga mawar segar sebanyak 150 gram. Anda hanya perlu membutuhkan kurang lebih sebanyak dua tangkai mawar. Pastikan juga bahwa Anda menggunakan mawar dengan warna yang sama untuk mendapatkan air mawar yang lebih wangi. Siapkan juga air sebanyak 475 ml.

Inilah Cara Membuat Air Mawar Sendiri

Setelah semua bahan siap, langkah pertama, Anda harus membersihkan kelopak mawar tersebut dari debu dan serangga yang menempel. Siapkan panci yang ada tutupnya. Lalu, masukkan air yang sudah disiapkan dan juga kelopak bunga mawarnya. Nyalakan api kecil dan masak hingga 20 menit.

Anda perlu tahu bahwa ketika Anda merebus air dan mawar tersebut, jangan gunakan api besar karena khasiat dari mawar tersebut akan hilang jika dipanaskan dengan suhu yang tinggi. Jadi, pastikan bahwa Anda menggunakan api kecil agar khasiat mawar tersebut masih tetap terjaga.

Setelah itu, saring dan masukkan air mawar ke dalam toples yang sudah Anda siapkan. Sebelum menutup dan menyimpannya, Anda harus menunggu hingga air tersebut sudah benar-benar dingin.

Air mawar yang sudah Anda masukkan ke dalam toples, sudah bisa Anda gunakan untuk menjaga kecantikan kulit dan wajah. Air mawar yang Anda buat ini bisa bertahan hingga 6 bulan juga, loh! Itulah cara mudah untuk membuat air mawar sendiri di rumah.

Related posts: