Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda-beda. Hal tersebut memang wajar mengingat pola makan dan karakteristik tubuh yang berbeda antar satu dan lainnya. Orang bisa dikatakan mengalami susah buang air besar jika frekuensi buang air besar terhambat dan tidak seperti kebiasaan yang dimiliki. Susah buang air besar memang wajar didapat dan bukan menjadi masalah serius. Namun perlu untuk diketahui di saat gejala susah buang air besar yang parah akan berpotensi menjadikan kanker usus.

Penyebab Masalah Susah Buang Air Besar

Beberapa hal memang bisa menjadi penyebab seseorang bisa mengalami masalah susah buang air besar. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Tubuh yang kurang serat dan cairan.
  • Kurangnya berolahraga atau aktivitas lainnya yang membuat badan bergerak. Kurangnya gerak tubuh membuat kontraksi pada usus melemah sehingga mendorong kotoran keluar sulit dilakukan.
  • Menunda-nunda buang air besar. Hal ini sangatlah tidak dianjurkan untuk dilakukan karena bisa menyebabkan banyak sekali penyakit nantinya termasuk kesusahan buang air besar.

Cara Mudah Mengatasi Kesulitan Buang Air Besar

Secara umum untuk bisa mengatasi kesulitan buang air besar bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup dan pola makan. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Konsumsi makanan kaya serat

Serat sangatlah baik untuk membantu pencernaan menjadi lancar. Serat bisa didapatkan dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Sifat adalah sebuah bahan yang dibuat dari berbagai tanaman yang tidak bisa diserap tubuh. Serat akan keluar melalui feses. Sifat serat yang mengikat air menjadikan feses tidak akan keras dan mudah keluar.

  • Olahraga

Olahraga atau aktivitas fisik merupakan sangat berpengaruh pada kerja usus besar. Semakin banyak berolahraga, maka kinerja usus menjadi lebih baik. Dengan kerja usus yang baik inilah pencernaan bisa lancar dan kesulitan buang air besar tidak akan datang menghampiri.

  • Rajin konsumsi air putih

Cairan jelas merupakan zat yang dibutuhkan untuk menjaga feses tetap lunak dan menjaga kelancaran pencernaan. Tambah konsumsi air minimal 2 gelas setiap harinya ketika sedang mengalami kesulitan buang air besar. Namun ingat bahwa hindarilah konsumsi air berkafein karena hanya akan menjadi kotoran dan meningkatkan intensitas buang air saja.

Related posts: