Keadaan dunia saat ini sudah menunjukkan banyak hal yang sangat memprihatinkan. Tampak bagaimana begitu banyak kerusuhan terjadi di berbagai belahan dunia. Bahkan penjajahan masih saja terjadi, di mana suatu pihak yang berkuasa merebut wilayah orang lain, seperti kasus Israel yang tak henti-hentinya menggempur Muslim Palestina tanpa ampun demi menguasai daerah tersebut. Melihat fenomena ini lantas membuat umat Muslim di seluruh dunia naik pitam. Mereka semua melakukan berbagai cara untuk memberikan dukungan kepada saudara Muslim di Palestina, dan salah satu caranya adalah melalui dakwah Islam. Melalui dakwah, orang Muslim diberikan pengertian dan diharapkan dapat memiliki kesadaran penuh untuk mendukung saudaranya.

Kondisi di sana sangat memprihatinkan, warga Palestina sudah tidak memiliki apa-apa. Para Zionis telah merebut apa yang mereka miliki. Setiap hari selalu ada wilayah yang dibom, diserang menggunakan senjata. Tidak hanya orang dewasa dan para orang tua yang menjadi korban serangan tersebut, akan tetapi juga anak-anak. Nampaknya, para Zionis sudah tidak peduli lagi dengan kemanusiaan.

Peran Penting Para Ulama Dan Guru

Kehausan atas kekuasaan telah menggerogoti hati para penguasa dunia. Mereka yang seolah-olah lebih senang melihat api menyala, tak pernah berhenti untuk membuat keributan. Melalui dakwah Islam, seluruh umat diharapkan mampu untuk bangkit dan bahkan tumbuh semakin kuat. Peran para ulama dan juga guru-guru agama sangat penting dalam mempersatukan umat. Diharapkan dengan dakwah yang mereka jalani akan mampu menuntun umat ke jalan yang di ridhoi ALLAH.

Para ulama, guru-guru, dan juga para petinggi agama memang sudah seharusnya menjaga kerukunan dan kesatuan antar umat. Bahkan mereka perlu membangun kesadaran umat untuk senantiasa menjaga kerukunan dengan umat dari agama lain. Ulama harus memberikan batasan yang jelas, mana yang harus dilawan, dan mana yang harus dikawan.

Saat ini, dengan kondisi di mana penjajahan masih berjalan di atas bumi Palestina, yang seharusnya kita lakukan sebagai umat Muslim adalah menghilangkan ego masing-masing. Cobalah untuk memprioritaskan kepentingan yang paling utama, yaitu menjadi rohmatan lil’alamin. Kesadaran-kesadaran itu bisa didapatkan melalui dakwah Islam yang benar. Semoga dunia kembali damai.

Related posts: