Siapa bilang rematik hanya dialami oleh kaum lansia saja? Dengan pola hidup yang kurang sehat juga dapat menyebabkan para usia muda mengalami rematik. Rematik atau nyeri sendi biasanya memang membuat aktivitas Anda menjadi terganggu. Selain menjaga pola makan dan istirahat, olahraga menjadi hal penting untuk mencegah terjadinya rematik. Beberapa olahraga ringan berikut dapat Anda lakukan untuk mencegah rematik.

Peregangan

Peregangan adalah salah satu jenis olahraga yang sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Peregangan ini dapat membantu Anda untuk meregangkan sendi, melenturkan otot-otot tubuh yang kaku, dan juga memperlancar peredaran darah. Anda cukup melakukan gerakan ini selama kurang lebih 20 menit setiap hari caranya dengan melakukan jalan di tempat selama lima menit. Anda dapat mengulangi gerakan tersebut selama 2 atau tiga kali.

Jalan Santai

Olahraga yang satu ini juga cukup mengasyikkan lho. Anda cukup meluangkan waktu sekitar 15 menit setiap pagi untuk berjalan-jalan mengelilingi kompleks perumahan. Dengan jalan santai ini persendian Anda yang kaku bias lemas lagi dan juga dapat menjaga kesehatan jantung serta membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jalan santai juga dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh Anda sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang sangat cocok untuk penderita rematik. Hal ini dikarenakan, yoga mampu membuat rentang gerak Anda menjadi ideal, menjaga keseimbangan tubuh, dan juga membantu melepaskan stres. Gerakan-gerakan yang lembut dalam yoga sangat cocok dilakukan oleh para penderita rematik yang tidak boleh melakukan gerakan yang terlalu energik.

Berenang

Berenang atau olahraga air lainnya juga dapat membantu Anda untuk mengobati rematik. Dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga di air maka persendian Anda akan lebih lentur, rentang gerak menjadi ideal, sehingga risiko terjadinya rematik juga semakin kecil. Olahraga air juga dapat membantu Anda melepaskan penat dan stres. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda para penderita rematik yang memiliki tingkat stres yang tinggi.

Related posts: