Lapangan kerja yang tersedia di Indonesia banyak sekali jumlahnya. Namun, lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada sehingga masih banyak terdapat pengangguran. Bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan terutama pekerjaan yang tetap, banyak-banyaklah bersyukur karena Anda lebih beruntung dibanding mereka yang lontang-lantung mencari pekerjaan. Dimana tempat pekerjaan Anda saat ini? Apakah di institusi kesehatan, pendidikan, atau bahkan sebuah perusahaan? Dimana pun tempat Anda bekerja tentunya tempat kerja Anda memiliki seragam kerja.

Setiap Kantor Memiliki Sistem Pembagian Seragam Berbeda

Sebuah instansi ataupun perusahaan tentunya memiliki identitas yaitu sebuah seragam. Setelah diterima kerja di suatu instansi, Anda biasanya diwajibkan memiliki seragam. Sebuah kantor biasanya memberikan seragam dengan sistem yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa penerapan pembagian seragam kerja:

  1. Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan, ada yang menerapkan untuk memberikan seragam secara gratis dan ada yang menggunakan sistem potong gaji tergantung kebijakan masing-masing. Namun jika Anda bekerja di bagian K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) perusahaan, dapat dipastikan Anda menerima seragam secara gratis. Karena seragamnya berupa seragam safety yang harus dibuat secara khusus.
  2. Untuk para pekerja di instansi kesehatan, Anda biasanya diberikan bahan dan kemudian menjahit sendiri seragamnya. Seragam pekerja instansi kesehatan seperti perawat biasanya memiliki beberapa model seperti seragam resmi, batik kantor dan kaos olahraga. Oleh karena itu, Anda akan mengeluarkan budget yang lumayan.
  3. Untuk instansi pendidikan terutama sekolah, pembagian seragam hampir sama dengan instansi kesehatan yaitu beberapa variasi. Namun, jika Anda seorang dosen biasanya tidak terdapat seragam khusus hanya memakai kemeja putih dan bawahan yang berwarna gelap.

Setelah membaca beberapa sistem pembagian seragam kerja diatas, tentunya Anda sudah memikirkan biaya yang dikeluarkan. Terlebih lagi jika Anda bekerja di sebuah instansi seperti guru, kepala sekolah, pekerja puskesmas dan rumah sakit. Karena walaupun bahan yang diberikan biasanya gratis, namun untuk menjahit baju juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Related posts: