Biola adalah salah satu alat musik gesek yang sering digunakan dalam sebuah pentas seni. Biola akan menghasilkan bunyi yang sangat khas. Biola ini sering kali digunakan untuk pengiring lagu-lagu rohani ataupun musik-musik melankolis. Alat musik biola berbentuk seperti gitar yang berukuran kecil. Biola ini terdiri dari empat senar yaitu G-D-A-E. Senar-senar tersebut akan menghasilkan nada yang berbeda-beda pula.

Orang yang memainkan biola disebut violinis. Cara memainkan biola agak cukup rumit dan membutuhkan pelatihan khusus. Jarang ada pemain biola yang hanya belajar secara autodidak. Selain itu, harga alat musik ini yang relatif cukup mahal juga membuat tidak semua orang memiliki biola sehingga harus meminjam di tempat kursus ataupun yang lainnya.

Biola terdiri dari beberapa bagian yaitu badan biola, jembatan biola, leher, papan jari, senar dan beberapa perangkat lainnya. Badan biola terbuat dari kayu eboni yang bersifat keras dan tahan lama sehingga membuat harga alat musik ini cukup mahal.

Harga alat musik biola ini berkisar mulai dari 500 ribu hingga 1 jutaan tergantung dari jenis dan kualitasnya. Bagi para pemula, lebih baik beli biola dengan harga yang relatif murah saja. Anda dapat menghemat budget, karena Anda bisa saja mengeluarkan uang lagi untuk kursus biola.

Cara Memainkan Biola

Setelah memiliki biola, Anda tentu wajib mengetahui teknik dasar bagaimana cara memainkan biola. Berikut adalah tahapan memainkan biola:

  • Kencangkan busur biola

Kencangkan busur biola dengan cara memutar ujung sekrup sampai dengan jarak antara rambut dengan tongkat cukup lebar.

  • Gosok busur dengan damar

Tujuan dari langkah ini adalah rambut busur biola sedikit lebih lengket sehingga suara yang dihasilkan akan lebih jelas.

  • Mengatur nada biola menggunakan alat penyetem elektrik
  • Genggam busur penggesek biola
  • Pegang biola dan letakkan bagian ekor pada leher Anda dan cari posisi paling nyaman untuk memainkan biola. Mulailah menggesekkan biola dengan bermain nada-nada dasar.
  • Berlatihlah setiap hari agar cepat pandai.

Related posts: