Tes psikotes atau yang biasa disebut dengan tes psikologi ini biasanya berupa tes tertulis maupun tidak tertulis. Tes ini biasanya di gunakan untuk mengukur tingkat emosi dan kondisi psikis peserta. Tes jenis psikotes ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan baik perusahaan yang dibuat oleh pemerintah maupun swasta. Tes ini biasa dilakukan untuk menyeleksi para pendaftar di perusahaan tersebut.

Apa Saja Wujud Dari Psikotes?

Tes yang biasa dilakukan untuk memasuki suatu bekerja ini memiliki berbagai bentuk yang dilakukan dalam membuat tes ini tes tertulis tes psikotes biasanya berisi soal-soal psikologi maupun gambar-gambar psikologi. Gambar-gambar psikologi ini biasanya digunakan untuk mengetes kepribadian peserta. Gambar-gambar ini biasanya berisi suatu pola-pola tertentu hingga bukan gambar biasa. Dalam mengerjakan tes psikologi ini Anda harus sungguh-sungguh agar tidak kepribadian Anda benar-benar diketahui dan Anda bisa lolos kerja jika kepribadian Anda baik.

Dalam mengerjakan psikotes ini bukan yang paling pintar yang selalu lolos dalam tes ini. Tes ini berbeda dengan tes akademik. Jika tes akademik hanya menumpukan pada titik kepintaran dan berhasil tidaknya dilihat dari segi bagus tidaknya suatu hasil kerja atau lembar kerjanya. Sedangkan psikotes ini bisa diukur dari hasil tes melalui tes-tes dengan soal bukan akademik. Berikut ini adalah jenis-jenis psikotes yang biasa di tes kan di perusahaan-perusahaan:

  1. Tes berupa grafis

Tes grafis ini adalah tes yang paling sederhana di antara bentuk-bentuk lainnya tes ini adalah bentuk tes yang mengandalkan imajinasi dan linear hanya menggunakan garis-garis sebagai alat pengukur kepribadian orang. Tes ini juga memiliki 4 jenis yaitu yang pertama, menggambar berdasarkan imajinasi jadi seseorang yang ingin mengikut tes diberi kebebasan untuk mengambil gambar sesuai imajinasi, kedua seseorang menggambar pohon, dengan menggambar pohon ini seseorang bisa dinilai baik buruknya masa depannya. Ketiga kamu bisa menggambar dengan model HTP (house tree person) model ini digunakan untuk mendeteksi hubungan yang kurang baik antara keluarga dan anak. keempat tes warteg. Tes ini digunakan untuk mengukur tingkat emosi peserta.

  1. Tes inventori

Tes ini berupa tes kepribadian tes ini berupa hubungan yang terjadi antara kepribadian dengan respons inventori itu sendiri, tes ini biasanya berupa kumpulan-kumpulan soal tes psikologi yang nantinya akan dibagikan kepada peserta dan peserta harus menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sehingga dapat diketahui kepribadiannya melalui hasil tesnya ini. Tes psikotes yang baik adalah ketika menjawab berdasarkan apa yang dialami bukan karena meniru orang lain.

Related posts: