Banyak orang kini berusaha untuk membangun bisnis sendiri. Banyak hal yang melatarbelakangi keputusan besar ini. Salah satunya adalah karena kita bebas mengatur segala sesuatunya sendiri dan jauh lebih fleksibel dari pada kerja kantoran. Namun, banyak yang kemudian ciut nyalinya karena terpentok masalah modal. Padahal, sebenarnya faktor utama dalam membangun usaha bukanlah modal.

Langkah-Langkah Memulai Usaha

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai usaha meskipun hanya dengan modal kecil. Yang terpenting adalah niat yang bulat dan komitmen untuk menjadi wirausaha. Modal yang paling utama sebenarnya adalah diri Anda sendiri. Semangat yang diimbangi dengan skill yang mumpuni adalah modal utama Anda. Berikut ini langkah-langkah sederhana untuk memulai bisnis dengan modal kecil:

  1. Kumpulkan Ide

Langkah pertama adalah dengan memikirkan matang-matang ide usaha apa yang akan dijalankan. Mulailah dengan melakukan riset pasar. Saat ini banyak peluang usaha, terutama jasa, yang tidak memerlukan biaya terlalu besar. Contohnya, bisnis desain grafis, bimbingan belajar, dan hingga kuliner online.

 

  1. Tentukan Skala Bisnis

Kedua, setelah Anda menentukan jenis usaha apa yang paling tepat, segeralah rencanakan strategi. Dengan modal kecil, usaha skala kecil patut dicoba. Anda tidak perlu merasa malu atau gengsi. Yang paling penting adalah usaha dikenal orang dan berjalan stabil. Setelah usaha mulai berkembang, Anda bisa mulai mencari modal dari pinjaman bank.

 

  1. Tekan Modal Awal

Selanjutnya, mulailah dengan merinci modal yang harus dikeluarkan. Jika Anda menemukan salah satu pengeluaran terbesar cobalah cari jalan keluarnya. Contoh, apabila pengeluaran terbesar adalah modal belanja, carilah supplier yang murah dan tidak menuntut bayaran di muka.

 

  1. Dapatkan Kepercayaan Pelanggan

Terakhir, Anda harus mulai mencari pelanggan. Jika modal dimiliki kecil, Anda bisa mencoba mengumpulkannya dari pelanggan. Bagaimana mungkin? Caranya adalah dengan menerapkan sistem pembayaran di muka seperti sistem Pre Order atau PO.

Begitulah langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk memulai usaha dengan modal kecil. Mulai memikirkan dan merencanakan segala sesuatunya dengan baik dapat mengurangi kemungkinan kegagalan. Selamat mencoba bagi para calon pengusaha.

Related posts: