Menyantap berbagai jenis gorengan memang salah satu hal terfavorit oleh banyak orang. Walaupun semua orang tahu kalau gorengan itu tidak sehat, tetapi tetap saja memakannya. Kali ini, ada sedikit saran dari dokter jantung untuk tetap bisa menikmati gorengan tetapi tetap sehat. Siapa yang akan menolak, jika makan makanan kurang sehat seperti gorengan bisa dibuat lebih sehat? Tentunya semua orang pasti tertarik.

Dengan mengerti cara mengolah dan memilih bahannya dengan baik, kamu bisa menikmati makanan yang digoreng tapi tetap memiliki tubuh yang terjaga kesehatannya. Memang awalnya gampang-gampang susah untuk menjaga kesehatan badan, terutama jantung. Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan baik terhadap apa yang diperbolehkan maupun dilarang. Berikut tips untuk kamu yang ingin tetap sehat mengonsumsi makanan yang digoreng.

Awalnya Tidak Baik, Bisa Menjadi Baik

  1. Gunakan Minyak Baik

Apa maksudnya gunakan minyak baik? Minyak yang biasa dijual di pasaran memiliki dua tipe, yaitu yang baik dan yang kurang baik. Memang akan lebih mudah dan murah jika menggunakan minyak jenis kurang baik, tetapi kurang sehat pula efek yang akan didapat. Minyak baik terdiri dari olive oil, canola oil, serta sesame oil. Sesuai anjuran dokter jantung, ketiga jenis minyak ini tidak menimbulkan penimbunan kolesterol jahat pada tubuh, sehingga baik untuk digunakan dalam menggoreng. Akan tetapi sebaik-baiknya minyak juga tetap tidak boleh digunakan lebih dari satu kali, serta jangan menggunakan metode menyelupkan makanan ke minyak yang sudah panas.

  1. Batasi Porsi

Hal ini harus tetap diingat, jangan semena-mena sudah menggunakan minyak baik bisa seenaknya makan makanan gorengan yang banyak. Makanan tersebut tetap mengandung kalori dan lemak, oleh karena itu batasilah porsi makan kamu.

  1. Tambahkan Sayur

Dengan menambahkan sayuran saat kamu memakan gorengan akan lebih baik. Ditambah lagi juga akan lebih lezat. Misalkan kamu memakan gorengan tahu atau tempe, jangan lupa ditambahkan sayuran seperti dari gado-gado atau kamu bisa mencari alternatif lain. Saran dari dokter jantung tersebut berguna untuk membantu penyerapan kolesterol jahat di tubuh.

Related posts: