Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk membuat satu budaya dalam keselamatan kerja merupakan hal yang sulit. Sebenarnya melakukan hal tersebut tidaklah sulit, jika Anda mengetahui aturan-aturan keamanan yang baik dan benar. Melakukan konsultasi ke konsultan ISO 45001 merupakan jalan terbaik untuk membangun itu semua. Kunci yang paling penting adalah dengan konsistensi yang baik serta menanamkan rasa percaya yang kuat kepada karyawan.

Cara kerja dan kebiasaan kerja yang sehat sangat penting untuk Anda perhatikan sebagai seorang pemimpin. Karena pemimpin yang baik itu tidak “menyuruh” melainkan “mengarahkan”. Budaya kerja dengan landasan keamanan dan kenyamanan yang tinggi memiliki titik fokus pada beberapa hal, yaitu sistem manajemen, program, dan karyawan yang mampu mengatasi segala masalah.

Produktivitas Berbanding Lurus Dengan Kenyamanan

Untuk itu, berikut beberapa tips untuk menyelaraskan budaya kerja yang baik pada perusahaan Anda agar semua merasa aman dan nyaman.

  1. Desain Lingkungan Yang Nyaman

Sebuah kantor pasti memiliki peralatan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan. Mulai dari peralatan ringan hingga yang berat. Penataan lokasi meja, kursi, lemari, dan beberapa furnitur lain harus Anda perhatikan. Usahakan untuk mendesain lokasi yang serba mudah dicapai dan jangan terlalu berdesak-desakan. Terutama pada jalur kabel komputer yang digunakan pada kantor Anda. Buatlah suasana seaman mungkin dengan melakukan konsultasi ke konsultan ISO 45001 terlebih dahulu.

  1. Libatkan Karyawan

Cara penting untuk menumbuhkan budaya aman dan nyaman saat bekerja yaitu dengan melibatkan karyawan Anda. Maksudnya adalah langsung libatkan mereka dalam perancangan keamanan kantor, karena karyawanlah orang pertama yang harus mengetahui pengetahuan ini. Agar nantinya mereka akan semakin produktif.

  1. Instruksi Yang Jelas

Mengutarakan informasi harus sejelas mungkin kepada karyawan Anda. Hal ini akan meminimalisir terjadinya miskomunikasi dari Anda kepada karyawan Anda. Pastikan mereka paham dengan instruksi yang Anda berikan, dan lebih baik libatkan langsung dalam kegiatan pelatihan.

  1. Membuka Diri

Maksudnya disini adalah Anda harus menerima segala masukan dan kritik yang membangun dari siapa pun yang ada pada lingkungan Anda. Tampunglah pendapat untuk semakin memajukan perusahaan Anda. Gunakanlah jasa konsultan ISO 45001 oleh para ahli untuk belajar lebih dalam.

Related posts: