Mata adalah  jendela jiwa  tiap  orang  yang  memancarkan  pesonanya.  Banyak  wanita yang memakai softlens untuk mempercantik diri. Lensa kontak atau yang disebut softlens merupakan pengganti lensa kacamata. Namun lebih lembut dan kenyal. Softlens sendiri terdiri dari berbagai macam merk dan model yang jual softlens ini.

Sebelum Membeli Softlens

Sebelum ingin membeli dan menggunakan softlens. Berikut adalah hal – hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah hal – hal yang harus diperhatikan sebelum membeli softlens.

  1. Cek kadaluwarsa

Selalu periksa tanggal kadaluwarsa pada tempat softlens dan pastikan masih bisa dipakai. Karena apabila tetap dipakai saat sudah kadaluwarsa maka akan mengalami iritasi parah. Tidak sedikit juga ada oknum yang jual softlens bekas.

  1. Kadar air

Menunjukkan seberapa besar kemampuan softlens ini menyerap air pada sekitar mata. Softlens terbuat dari bahan hydrogel yang dimana menyerap sejumlah air pada sekitaran mata agar tetap lunak dan lembut. Oleh sebab itu mata suka terasa kering sehabis memakai softlens. Biasanya kadar air pada softlens berada antara 38% hingga 75%. Mata kering dengan menggunakan softlens dengan kadar air tinggi akan membuat pembuluh darah muncul pada kulit sekitaran mata saking keringnya. Apabila terlalu lembab, maka akan berakibat pada softlens mudah terlepas.

  1. Diameter

Pilihlah dengan yang sesuai dengan diameter mata kalian. Namun tidak banyak juga orang terutama wanita yang memakai softlens lebih lebar dari matanya agar mata terlihat lebih bulat.

  1. Ketipisan

Biasanya, semakin tipis softlens maka kadar airnya semakin kecil. Karena pada kadar air ada pori – pori yang bertugas untuk menyerap air sekitaran mata. Maka apabila semakin tebal maka pori – porinya juga akan besar dan daya serap air tinggi juga.

  1. Kualitas softlens

Nah terakhir inilah yang sangat perlu diperhatikan. Janganlah membeli softlens secara sembarangan. Karena saat ini banyak sekali oknum yang jual softlens palsu. Jika softlens palsu ini dipakai di mata Anda maka dan menyebabkan iritasi atau bahkan kebutaan.

Diatas adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli softlens. Softlens sendiri terdiri dari banyak jenis dan merknya. Tergantung yang mana yang Anda suka saja.

Related posts: