Salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan karena murah dan simple ialah olahraga lari atau running. Olahraga ini sebenarnya tidak memerlukan banyak biaya, namun akan sangat berdampak positif terhadap kesehatan. Ya, dengan hanya berlari beberapa kilometer secara rutin, tentu akan membuat tubuh Anda terlatih sekaligus membuat sistem cardio menjadi lebih baik. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan ini, tentu ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Berikut diantaranya.

Pilih Pakaian yang Pas dan Sesuai

Untuk memulai olahraga lari ini, tentunya hal pertama yang musti Anda perhatikan ialah pemilihan outfit yang pas. Jangan sampai Anda terkesan salah kostum sehingga membuat Anda tidak nyaman. Gunakan saja kaos berbahan katun dengan celana olahraga atau legging. Anda juga dapat menggunakan sepatu khusus running meskipun sepatu apa pun bisa saja Anda gunakan. Pastikan pakaian dan perlengkapan tersebut nyaman untuk Anda gunakan.

Mulailah dengan Pemanasan dan Akhiri dengan Pendinginan

Bagi Anda yang baru benar-benar ingin rutin menjalani olahraga lari, sangat disarankan untuk selalu mengawali dengan pemanasan dan perenggangan. Hal ini bertujuan agar otot tidak kaku yang kemudian akan membuat risiko cedera semakin tinggi. Jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan agar program latihan dapat berjalan dengan baik.

Jangan Memaksakan Durasi dan Jarak Lari

Pada saat pertama kali berolahraga lari, tentunya ada rasa keinginan untuk berlari selama beberapa kilometer dengan durasi yang lama. Padahal, sangat disarankan untuk melakukan hal ini secara bertahap. Misalnya saja di hari pertama hanya 30 menit dengan jarak tempuh 1 kilometer. Memang hal ini musti disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, namun alangkah baiknya jika tidak memaksakan jarak yang terlampau jauh terlebih dahulu agar otot lebih mudah terlatih.

Demikian beberapa hal yang musti Anda perhatikan agar olahraga lari yang akan Anda jalani bisa semakin mudah meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan Anda mengikuti beberapa tips tersebut agar tidak menjadi bumerang yang dapat membuat Anda cedera. Nah, selamat mencoba!

Related posts: