Dalam mengelola suatu usaha sewa bus pariwisata, Anda membutuhkan penanganan yang cermat, teliti serta perhitungan yang matang. Jika Anda ceroboh sedikit saja, Anda mungkin akan menimbulkan dampak berupa kerugian yang besar bagi jalannya usaha. Dengan demikian, Anda perlu memperhatikan strategi pengembangannya.

Strategi Pengelolaan Usaha

  • Segmentasi Pemasaran

Setiap daerah memiliki potensi konsumen yang berbeda-beda sehingga pelaku usaha harus pandai melakukan segmentasi pemasaran dengan akurat. Misalnya untuk daerah Bandung, wisatawannya cenderung senang bepergian ke daerah yang memiliki pemandangan alam yang indah.

  • Daya Beli

Strategi pengelolaan berikutnya yaitu dengan melihat daya beli masyarakat. Jika konsumen mayoritas berasal dari kalangan menengah ke bawah, akan lebih tepat jika digunakan bus kelas ekonomi yang memiliki tempat duduk dengan sistem 2-3. Untuk golongan menengah ke atas, armada yang digunakan sebaiknya yang kelas bisnis atau eksekutif dengan sistem 2-2 untuk tempat duduknya. Tak lupa pula kelengkapan fasilitas berupa AC, TV untuk menonton film atau berkaraoke.

  • Karakteristik dari Pesaing

Untuk mengelola usaha sewa bus pariwisata, Anda juga perlu memperhatikan karakteristik dari pesaing Anda. Persaingan menjadi hal yang sulit untuk dihindari dalam dunia bisnis. Untuk itu, Anda perlu mencermati kelebihan ataupun kekurangan yang dimiliki oleh pesaing. Anda dapat mengambil sisi baik dari kelebihannya dan menghindari kekurangannya.

  • Pemilihan Armada

Hal penting berikutnya adalah terkait dengan pemilihan armada. Anda harus memperhatikan ketahanan mesin serta perangkat lainnya, bagaimana penggunaan bahan bakarnya dan lain-lain. Problematika ini terkait dengan pengadaan biaya operasional.

  • Pengelolaan SDM

Agar didapat usaha yang disenangi banyak orang, Anda juga perlu selektif dalam pemilihan staf atau karyawan. Karyawan yang dapat bekerja secara profesional adalah syarat mutlaknya karena akan berkaitan langsung dengan reputasi usaha Anda.

Akan lebih baik jika sopir dan kru bis adalah orang yang ramah pada semua orang dan tidak bersikap ugal-ugalan saat mengemudi.

Itulah beberapa strategi dalam pengelolaan usaha penyewaan bus untuk pariwisata ini. Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan atau sekedar mencari informasi tentang penyewaan bus, Anda dapat mengunjungi laman www.sembodorentcar.co.id.

Related posts: