Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat didambakan oleh setiap pasangan suami istri yang baru saja menikah. Masa kehamilan memiliki beberapa fase, yakni trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Kehamilan trisemester 1 merupakan masa yang sangat penting bagi janin karena pada masa ini organ mulai tumbuh dan mengalami perkembangan. Pada trimester pertama, organ-organ penting dalam tubuh seperti jantung otak paru-paru dan berbagai sistem saraf pada bayi tumbuh dengan sangat pesat.

Cara Mengatasi Masalah Kehamilan Trimester 1

Pada masa trimester pertama ini, sang Ibu mulai mendapati perubahan fisik dan hormon-hormon yang ada di dalam tubuhnya. Oleh sebab itu Ibu sering merasakan gangguan emosional pada dirinya dan juga sering merasakan pusing serta mual. Kondisi ini sangat penting bagi sang ibu untuk penyesuaian pada masa kehamilan bayinya.

Ada beberapa aktivitas yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Hal yang paling dianjurkan ialah istirahat yang cukup. Pada kehamilan trimester 1 ini, tubuh menjadi mudah letih karena efek dari hormon progesteron yang meningkat. Efek dari peningkatan hormon progesteron ialah pusing, muntah, keputihan, sesak nafas, dan lain sebagainya. Sehingga Tubuh memerlukan banyak istirahat dan harus mengurangi aktivitas yang melelahkan fisik. Sempatkan untuk melakukan tidur siang serta jangan memikirkan hal-hal yang tidak penting.

Hal yang tak kalah pentingnya bagi ibu yang memasuki trimester pertama ini ialah menjaga makanan untuk dikonsumsi. Pilihlah makanan-makanan yang mengandung banyak protein, asam folat, omega 3, vitamin C, zat besi, dan lain-lain yang bisa mempengaruhi dengan baik mengenai tumbuh kembang janin. Sang ibu juga harus cermat dalam memilih dan memilah makanan agar makanan yang masuk dan digunakan untuk beradaptasi janin, yaitu makanan yang mengandung banyak unsur-unsur tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan saat kehamilan pun ialah olahraga. Walaupun sedang dalam masa kehamilan trimester 1, Anda harus tetap berolahraga. Karena dengan berolahraga tubuh selalu bergerak dan melancarkan aliran sirkulasi pada tubuh. Olahraga pada saat kehamilan tidak perlu berat-berat cukup jalan sehat dan olahraga senam untuk ibu hamil saja.

Related posts: