Kesehatan gigi sangatlah penting untuk dijaga. Karena gigi ini memiliki fungsi yang sangat besar, terutama dalam menghaluskan makanan. Gigi ini berfungsi untuk merobek dan juga mengoyak makanan. Dengan demikian maka makanan yang masuk ke dalam lambung akan lebih halus dan lebih mudah untuk dicerna. Dengan demikian, maka kesehatan gigi perlu dijaga. Banyak orang yang mengalami kerusakan pada gigi seperti halnya gigi berlubang, sensitif, dan lain sebagainya. Ini tentu saja disebabkan oleh berbagai hal.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi pada dasarnya adalah hal yang cukup mudah, karena jika dilakukan secara rutin maka gigi tidak akan rusak. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi adalah sebagai berikut. Hal yang harus dilakukan adalah dengan menggosok gigi secara teratur. Menggosok gigi minimal dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari menjelang tidur. Dengan menggosok gigi, maka sisa-sisa makanan pada mulut akan hilang.

Cara menggosok gigi pun harus benar, yakni dengan arah vertikal apabila menggosok gigi bagian depan. Jika menggosok gigi geraham, maka menggosok gigi dengan memutar atau berbentuk bulat. Jika cara menggosok gigi salah, maka akan merusak email pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif. Jika perlu, maka lanjutkan untuk menggunakan mouthwash setelah menggosok gigi. Dengan demikian maka bakteri yang ada di mulut akan berkurang. Dan nafas pun menjadi segar serta terhindar dari bau mulut.

Selain itu, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium tinggi juga sangatlah penting. Karena gigi yang kuat membutuhkan kalsium yang cukup. Untuk itu, jika perlu maka konsumsilah susu yang mengandung kalsium yang tinggi, sehingga gigi bisa kuat. Hindarilah makanan yang bisa merusak gigi, seperti cokelat, air panas, air dingin, dan lain sebagainya.

Makan buah-buahan juga sangat baik untuk gigi. Misalkan makan strawberry, maka bisa membantu untuk memutihkan gigi. Apabila gigi berlubang, maka segeralah untuk membawa ke dokter gigi, sehingga bisa segera diatasi. Karena gigi berlubang ini sangat sakit ketika ada makanan yang tersisa. Untuk itu, segeralah ditambal apabila gigi berlubang.

Related posts: